Aktifkan Protokol Manajemen Kelangsungan Usaha, Akses Layanan BRI Tetap Terjaga di Daerah Terisolir

Jumat 05-12-2025,15:23 WIB
Reporter : Rappi
Editor : Rappi Darmawan

SIBOLGA, SUMEK.CO – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sangat prihatin terkait dengan penanganan bencana dan memastikan layanan perbankan tetap beroperasi di wilayah terdampak banjir di Sumatera berkat Manajemen penerapan Kelangsungan Usaha/Business Continuity Management (BCM) yang memadai. 

Sebagai bagian dari penerapan BCM, BRI juga mengandalkan infrastruktur satelit BRIsat untuk memastikan penghentian layanan di tengah situasi bencana di tengah terputusnya jaringan seluler dan terputusnya kabel fiber optik di sejumlah titik.

Kantor Cabang BRI Sibolga menjadi salah satu titik penting yang tetap terhubung dengan kantor wilayah dan pusat melalui jaringan satelit tersebut. 

Melalui koneksi BRIsat, kantor cabang dapat melakukan koordinasi cepat dengan posko pusat dan pemerintah daerah, penarikan tunai bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat, penyaluran bantuan, serta menyampaikan informasi kondisi lapangan secara real-time.

BACA JUGA:Begini Cikal Bakal BRI Yang Berusia 130 Tahun, Lahir dari Kas Masjid

BACA JUGA:BRI Salurkan Bantuan Percepat Pemulihan Warga Terdampak Bencana di Sumut-Sumbar

Direktur Manajemen Risiko BRI Mucharom menyampaikan bahwa cemerlang BRIsat dalam situasi ekstrem merupakan wujud nyata kesiapan infrastruktur teknologi BRI untuk menjaga kesinambungan layanan di seluruh pelosok negeri. 

Ia menegaskan bahwa keberadaan satelit milik BRI menjadi landasan utama operasional, bahkan pada saat jalur komunikasi terestrial terganggu akibat bencana alam.

“BRIsat dirancang untuk memastikan jaringan BRI tetap terhubung kapan pun dan di mana pun, termasuk dalam kondisi darurat. Ketika jaringan komunikasi umum tidak dapat berfungsi akibat bencana, sistem satelit kami memastikan tetap memiliki akses terhadap layanan keuangan. BRIsat menjadi simbol ketangguhan infrastruktur digital BRI dalam mendukung inklusi keuangan, menjaga stabilitas layanan, dan memperkuat peran BRI sebagai penghubung ekonomi rakyat di seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Keberhasilan BRIsat menjaga konektivitas di wilayah terdampak banjir menampilkan kesiapan infrastruktur digital BRI dalam menghadapi berbagai situasi ekstrem. 

BACA JUGA:BRI Terima Penghargaan dari Kementerian IMIPAS Berkat Dukung Program Strategis Pemerintah

BACA JUGA:Program CSR BRI Raih Pengakuan Global Lewat Dua Penghargaan Internasional, Tegaskan Komitmen Kuat

Dengan jaringan yang menjangkau lebih dari tujuh ribu unit kerja di seluruh Indonesia, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), BRI terus berkomitmen untuk memperluas akses terhadap layanan keuangan yang Andal dan inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Melalui kerangka BCM yang komprehensif dan terstruktur memastikan layanan penting perbankan BRI tetap beroperasi, menjaga stabilitas sistem keuangan, dan mendukung pemulihan ekonomi di wilayah terdampak. 

Pada kondisi darurat, Business Continuity Plan (BCP) segera diaktifkan untuk unit kerja yang terdampak maupun area dengan gangguan jaringan. 

Kategori :