PALEMBANG, SUMEKS.CO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang berhasil mencatat peningkatan signifikan dalam angkutan barang dan penumpang selama periode Januari hingga April tahun 2025.
Peningkatan ini tidak lepas dari peran strategis Kereta Perawatan Jalan Rel (KPJR) dalam mengoptimalkan perawatan prasarana jalur kereta api di wilayah operasinya.
Menurut Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, KPJR merupakan alat berat yang memiliki peran krusial dalam menjaga keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api.
"KPJR bertanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan jalur kereta api, termasuk pengukuran geometri jalur rel, mendeteksi kerusakan, dan melakukan perbaikan jalur," ungkap Aida.
BACA JUGA:Jangan Sembarang Ambil Foto dan Video di Stasiun dan Kereta Api! Ini Aturan Terbarunya
Penggunaan KPJR di KAI Divre III Palembang memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi operasional kereta api seperti, meningkatkan keselamatan, efisiensi biaya perawatan dan optimalisasi operasional.
Dua teknologi utama yang digunakan adalah: Multi Tie Tamper (MTT) yang berfungsi untuk memadatkan batu ballast di sekitar jalur kereta dengan cara dipecok secara terus menerus serta mengatur geometri jalur agar stabil. dan Plow Ballast Regulator (PBR) untuk mengangkat dan mengatur distribusi batu ballast untuk meningkatkan stabilitas jalur kereta.
Alat berat KPJR, seperti MTT dan PBR, berperan vital dalam mendeteksi dan memperbaiki kerusakan jalur kereta api KAI Divre III Palembang.--
Pada periode yang sama, KAI Divre III Palembang berhasil mengangkut 9.186.392 ton barang, yang menunjukkan peningkatan sebesar 12,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Komoditi batu bara menjadi andalan dengan jumlah angkutan mencapai 8.881.379 ton, disusul oleh bahan baku kertas dan BBM.
BACA JUGA:Peran Pusdalopka KAI: Jaga Kelancaran Operasional Kereta Api di Sumbagsel 24 Jam Non-Stop
Sementara itu, angkutan penumpang juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 7,4 persen, melayani total 355.419 pelanggan. Hal ini mencerminkan komitmen KAI Divre III Palembang dalam meningkatkan pelayanan dan pengalaman perjalanan para pelanggan setia kereta api.
Aida menegaskan bahwa KAI Divre III Palembang tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api.