Sekda Palembang Aprizal Hasyim: Pendataan Adminduk Butuh Peran Kecamatan dan Kelurahan

Jumat 18-10-2024,14:07 WIB
Reporter : Tri
Editor : Rahmat

Pendataan Adminduk Butuh Peran Kecamatan dan Kelurahan

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sekda Kota Kota Palembang Aprizal Hasyim mengatakan administrasi kependudukan merupakan dasar pelaksanaan berbagai layanan publik diberbagai sektor.

''Dengan administrasi penduduk yang benar dan akan memudahkan masyarakat mendapat layanan yang mereka butuhkan,'' kata Sekda Kota Palembang Aprizal saat membuka Sosialisasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan oleh Petugas Registrasi Kelurahan berdasarkan Perwali No 20 Tahun 2023 serta Pelayanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital, Jumat 18 Oktober 2024..

Karena itu, Sekda Palembang menekankan pentingnya pengelolaan administrasi kependudukan butuh kerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga non pemerintah.

Pemkot Palembang perlu untuk memastikan bahwa data yang dikelola tidak hanya akurat dan terpercaya, tapi juga aman dan dapat diakses oleh lembaga pelayanan publik yang telah bekerja sama dengan Kemendagri dalam pelayanan publik. 

BACA JUGA:Partai Golkar Dominasi Isi Kabinet Prabowo-Gibran, Bahlil Tetap Jabat Menteri ESDM

BACA JUGA:Formasi PPPK Kemenag 2024 Tak Kunjung Diumumkan, Apa Penyebabnya?

Capaian Kinerja Disdukcapil Palembang 

Sekda Palembang Aprizal Hasyim juga memberikan mengapresiasi atas kinerja Disdukcapil Palembang dalam pencapaian pendistribusian dokumentasi administrasi kependudukan.

“Sudah lebih 50 dari persen,” ujar Aprizal.

Ia merinci, distribusi perekaman KTP mencapai 99,24 persen atau sebanyak 1.270.459 kartu. Distribusi KK sebanyak 530.575 KK. Untuk Kartu Indentitas Anak, distribusinya sudah 60,72 persen atau sebanyak 307.631 kartu, serta distribusi Akta Kelahiran mencapai 99,02 persen atau sebanyak 522.821 akta.


Sosialisasi oleh Disdukcapil Kota Palembang.-foto:doksumeksco-

Aprizal berharap hasil sosialisasi ini jadi pedoman bagi perbaikan dan penerbitan dokumen administrasi kependudukan di tingkat kelurahan.

BACA JUGA:Bantu Pemkot Palembang, Ratu Dewa Beri Apresiasi ke RT dan RW

BACA JUGA:Pj Wali Kota Ucok Bakal Wajibkan ASN Pemkot Palembang Berangkat Kerja Pakai Sepeda Setiap Jumat

“Ini demi pelayanan prima kepada masyarakat Kota Palembang,” demikian Aprizal Hasyim yang mantan Kadishub Kota Palembang itu.

Kategori :