Pj Gubernur Elen Setiadi Resmi Buka Digital Financial Innovation Day 2024

Sabtu 12-10-2024,07:19 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Suci Harahap

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi SH MSE, secara resmi membuka kegiatan Sumsel Digital Financial Innovation Day (Sumsel DIGNATION) 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh OJK Provinsi Sumsel dan Bangka Belitung di Kantor OJK Sumsel, Jumat 11 Oktober 2024.

Dalam sambutannya Elen mengatakan di era globalisasi saat ini hampir semua aktivitas dalam kehidupan manusia bergantung pada layanan digital.

Tidak hanya di kota-kota besar saja akan tetapi sudah merambah hampir diseluruh pelosok desa, untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selaku perpanjangan tangan dari pemerintah pusat bertekad untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan ruang digitalisasi yang ada pada saat ini.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Apresiasi Berbagai Capaian Diraih Kabupaten OKI di Usia Ke-79 Tahun

BACA JUGA:Sumsel Giat Perangi Narkoba, Pj Gubernur dan Kepala BNN RI Satukan Kekuatan untuk Atasi Ancaman

Tentu dengan cara diantaranya melakukan inovasi di bidang berbagai hal seperti Digitalisasi Manajemen ASN, Digitalisasi Keuangan dan perencanaan melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang berbasis aplikasi. 

“Inovasi Keuangan Digital memberikan manfaat yang signifikan dalam  meningkatkan dan mengembangkan inklusi keuangan, efisiensi dan aksesibilitas produk dan layanan jasa keuangan bagi masyarakat. Inovasi Keuangan Digital itu sendiri juga turut berperan di dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi negara khususnya bagi daerah Provinsi Sumatera Selatan,” tegasnya.

Dikatakan, digitalisasi finansial adalah gabungan dari sektor digital dengan sektor finansial (keuangan).

Digitalisasi finansial diharapkan dapat mempermudah manusia mengelola aktivitas keuangannya, seperti proses penjualan, pembelian/pembayaran, dan investasi serta tabungan. 

BACA JUGA:Wisuda Santri dan Peresmian Gedung Baru Ponpes Al-Ittifaqiah Dihadiri Pj Gubernur dan Bupati Ogan Ilir

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Ajak Kapolda Sumsel Pererat Sinergitas, Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada 2024

Dalam hal ini Pemerintah berperan penting untuk melaksanakan enam strategi agar mampu mendorong praktik ekonomi digital, yaitu pembangunan pengetahuan, penyebaran pengetahuan, subsidi, mobilisasi, pengarahan inovasi, dan penetapan standar.

Yang semua itu adalah bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas dan adaptabilitas suatu entitas baik itu perusahaan, organisasi atau pun pemerintah. 

Kategori :