Inovasi PT Bukit Asam Berbuah Dua Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Kamis 10-10-2024,16:56 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Dalam peringatan Hari Pertambangan dan Energi ke-79, dua inovator dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Tegar Resdiansyah dan Okta Robian Pranata, memperoleh penghargaan bergengsi Satyalancana Wira Karya atas kontribusi mereka di bidang pertambangan.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia atas nama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dalam sebuah upacara yang digelar di Jakarta.

Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh negara kepada individu yang berjasa dalam memberikan kontribusi besar bagi pembangunan dan kemajuan sektor energi di Indonesia.

Penerima penghargaan ini adalah mereka yang telah menunjukkan dedikasi luar biasa dan menghasilkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:Panen Perdana Melon Premium, Kelompok Pembibitan Eco Agrotomation PTBA Ciptakan Peluang Emas di Muara Enim

BACA JUGA:Mitra Binaan PTBA Ramaikan Puncak Hari UMKM Nasional 2024 dengan Produk Unggulan

Tegar Resdiansyah, Asisten Manajer Kajian, Inspeksi, Evaluasi & Pelaporan PTBA, mendapat penghargaan ini berkat inovasi yang dirancangnya, yaitu Sistem Digitalisasi Pemantauan Distribusi Daya Listrik untuk Unit Shovel Electric.

Inovasi ini memungkinkan PTBA untuk memantau dan mengelola distribusi daya listrik secara real-time, yang berperan besar dalam meningkatkan efisiensi operasional penambangan.

Sistem ini membantu perusahaan untuk mengurangi downtime, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi penggunaan energi listrik yang berlebihan.

Sementara itu, Okta Robian Pranata, yang menjabat sebagai Asisten Manajer Evaluasi & Kajian Penambangan, mendapatkan Satyalancana Wira Karya berkat pengembangan aplikasi SAME-BA (Sistem Automasi dan Digitalisasi Penambangan-Bukit Asam).


Dua pegawai PT Bukit Asam Tbk, Tegar Resdiansyah dan Okta Robian Pranata, menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya dalam upacara Hari Pertambangan dan Energi ke-79.--

BACA JUGA:Ramah Lingkungan, Kerajinan Songket Binaan PTBA Gunakan Pewarna Alami Tingkatkan Nilai Jual

BACA JUGA:PTBA Ayo Sekolah Plus! Langkah Nyata PT Bukit Asam Bantuantu Anak Putus Sekolah Melalui Pendidikan Kesetaraan

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memfasilitasi proses penambangan di Bukit Asam, yang secara otomatis mengintegrasikan data dari berbagai operasi tambang dan memberikan analisis secara komprehensif.

SAME-BA memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan proses penambangan, meningkatkan keselamatan pekerja, dan menjaga kesinambungan operasional dengan mengurangi ketergantungan pada tenaga manual.

Kategori :