Menteri ATR/BPN AHY Lulus Doktor dengan Predikat Cumlaude dari Universitas Airlangga

Selasa 08-10-2024,16:56 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

SURABAYA, SUMEKS.CO – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara resmi menuntaskan pendidikan doktoralnya di Universitas Airlangga, Surabaya.

Ia berhasil mempertahankan disertasinya dalam Ujian Doktor Terbuka yang digelar di Aula Garuda Mukti, Gedung Kantor Manajemen MERR C Mulyorejo, Surabaya.

Acara ini dihadiri oleh para akademisi, tamu kehormatan, serta sejumlah undangan yang turut menyaksikan AHY meraih gelar doktor dengan predikat Cumlaude.

Ujian Doktor Terbuka ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Moh. Nasih, SE, MT, Ak. Dalam orasi ilmiahnya yang berjudul “Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2045,” AHY menekankan pentingnya kepemimpinan transformasional dalam menghadapi tantangan menuju visi Indonesia Emas 2045.

BACA JUGA:Gebuk Mafia Tanah, AHY Terima Penghargaan Bergengsi di CNN Indonesia Awards 2024

BACA JUGA:Menteri AHY dan Ketua Umum KADIN Bahas Peluang Sinergi untuk Membangun Ekonomi Indonesia

“Visi ini tidak akan terwujud begitu saja tanpa kerja keras bersama. Kuncinya ada pada para pemimpin yang transformasional, yang mampu membangun sinergi dan kolaborasi serta menghilangkan ego sektoral,” ungkapnya di hadapan pimpinan sidang dan tamu undangan.

Setelah memaparkan orasi ilmiahnya selama sekitar 30 menit, AHY mempertahankan disertasinya di hadapan delapan penyanggah yang terdiri dari para akademisi terkemuka. Penyanggah dalam ujian ini antara lain adalah Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA; Dr. Drs. Koko Srimulyo, M.Si; Prof. Dr. Dian Agustia, SE., M.Si., Ak; Prof. Dr. Rudi Purwono, S.E., M.SE.; Prof. Dr. Bambang Sektiari L, DEA., drh.; dan Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD.K-GH.FINASIM.

Selain itu, Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT., Psi. dan Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D., bertindak sebagai Promotor dan Ko-Promotor dalam proses pembimbingan disertasi ini.

Sidang yudisium yang digelar seusai ujian menyatakan bahwa AHY lulus dengan masa studi 3,1 tahun dan berhasil meraih predikat Cumlaude atau Dengan Pujian.

BACA JUGA:AHY Motivasi Taruna Akmil, Siapkan Diri untuk Mengawal Indonesia Emas 2045

BACA JUGA:Jawa Timur Juarai Final Voli Menteri ATR/BPN Cup 2024, AHY: Sportivitas dan Sinergi Kunci Kesuksesan

Pencapaian ini menempatkan AHY sebagai Doktor ke-88 dari Program Studi Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Airlangga.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Moh. Nasih menyampaikan, “Saudara dinyatakan sebagai Doktor lulusan Universitas Airlangga yang excellence with morality.”

Predikat Cumlaude yang diterima AHY mencerminkan prestasi yang ia raih sepanjang masa studinya. Panitia Ujian Doktor Tertutup yang berlangsung pada 12 September 2024 juga turut memberikan penilaian terhadap kualitas disertasi dan kontribusinya dalam bidang ilmu pengetahuan.

Kategori :