Membangun Minat Baca Sejak Dini, Pengelola Perpustakaan Desa Awal Terusan SP Padang OKI

Jumat 04-10-2024,12:27 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pengelola Perpustakaan Pekka Sehati yang berada di Desa Awal Terusan, Kecamatan SP Padang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) patut diacungi jempol. 

Pasalnya, mereka rela mendatangi anak-anak atau jemput bola agar anak-anak mau membaca buku. 

Dimana banyak anak-anak bermain di situ petugas perpustakaan datangi dengan membawa sejumlah buku. 

Dikatakan Ketua Perpustakaan Pekka Sehati Desa Awal Terusan, Ratmi, ia bersama petugasnya setiap sore mendatangi kumpulan anak-anak yang sedang bermain di desa Awal Terusan. 

BACA JUGA:Antusiasme Warga Binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Muara Beliti dalam Mengunjungi Perpustakaan Lapas

BACA JUGA:Perpustakaan Universitas Bina Darma Kunjungan Sekaligus Promosi Ke SMK Muhammadiyah 1 Palembang

"Kami sengaja mencari kumpulan anak-anak di Desa Awal Terusan untuk diberikan berbagai macam jenis buku untuk dibaca," ungkap Ratmi, kepada SUMEKS.CO, Jumat 4 Oktober 2024.

Dia menjelaskan, petugasnya melakukan jemput bola dengan mendatangi anak-anak saat bermain di sore hari agar mereka mau membaca buku. Karena dengan membaca buku adalah jendela dunia. 

Meskipun perpustakaan Desa ini juga berasa di Desa Awal Terusan. Tetapi anak-anak sedikit malas kalau sengaja untuk berkunjung ke perpustakaan. 

"Jadi kita akali dengan jemput bola dengan kita yang mendatangi anak-anak saat sedang berkumpul untuk bermain," jelasnya. 

BACA JUGA:Perpustakaan Universitas Bina Darma Raih Akreditasi Unggul dari Perpustakaan Nasional RI

BACA JUGA:Perpustakaan Pekka Sehati Desa Awal Terusan Terima 1.000 Buku Bantuan dari Perpustakaan Nasional

Ratmi menegaskan, untuk kegiatan jemput bola kepada anak-anak ini pihaknya lakukan seminggu dua kali di sore hari mulai dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

"Kita rutinkan kegiatan jemput bola kepada anak-anak ini dengan membawa buku dua kali seminggu setiap Kamis dan Minggu," terang Ratmi. 

Lanjut dia, dengan cara jemput bola ini membuat minat baca anak-anak kembali tumbuh. Sehingga tidak terfokus pada permaian gadget serta bermain lainnya. 

Kategori :