Kemenpora RI Gelar ToF Kewirausahaan, Dosen UBD Berpartisipasi Cetak Generasi Wirausaha Unggul

Kamis 03-10-2024,16:32 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan potensi wirausaha di kalangan pemuda, khususnya mahasiswa, dengan menggelar Training of Facilitator (ToF) Dosen Kewirausahaan.

Acara ini berlangsung di Hotel Santika Palembang, 9 September 2024 dan diikuti oleh 46 dosen dari 21 perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Sumatera Selatan.

Salah satu partisipasi penting dalam kegiatan ini datang dari Universitas Bina Darma, dengan menghadirkan dua dosennya, yaitu Dr. Rahma Santhi Zinaida, S.Si., M.I.Kom. yang menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi (S2), serta Poppy Indriani, S.E., Ak., M.Si., dosen Program Studi Akuntansi (S1).

Kehadiran kedua dosen ini menunjukkan peran aktif kampus dalam mendukung program pengembangan kewirausahaan di lingkungan perguruan tinggi.

BACA JUGA:Menggali Peluang Investasi Bagi Generasi Z, Universitas Bina Darma Gelar Seminar Pasar Modal

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Gelar Webinar Series 9, Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Bertransportasi

Kegiatan ini bertujuan utama untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan yang mengampu mata kuliah kewirausahaan di perguruan tinggi.

Dengan adanya ToF, para dosen diharapkan mampu menyampaikan materi kewirausahaan yang lebih aplikatif dan inspiratif bagi mahasiswa, sehingga dapat membangun semangat wirausaha di lingkungan kampus.

Saat membuka acara, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Raden Isnanta, menekankan pentingnya pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Menurutnya, program ToF ini dirancang agar dosen tidak hanya menghasilkan lulusan yang unggul di bidang akademik, tetapi juga mampu mencetak wirausaha muda.

“Melalui kolaborasi yang berorientasi pada Pentahelix, yang melibatkan Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas, dan Media, diharapkan akan tercipta ekosistem kewirausahaan yang kondusif. Ekosistem ini mampu melahirkan wirausaha muda yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta daya saing di tingkat daerah dan nasional,” ujar Isnanta.


Dua Dosen Universitas Bina Darma pada ToF Kewirausahaan – Dr. Rahma Santhi Zinaida dan Poppy Indriani dari Universitas Bina Darma berfoto bersama setelah mengikuti sesi pelatihan kewirausahaan.--

BACA JUGA:5 Mahasiswa Bina Darma Raih Prestasi di Lomba Poster HUT RI ke-79 Inovator Center

BACA JUGA:Direktorat Pusat MBKM Universitas Bina Darma Sukses Gelar Pembekalan KKN Tematik di Tanjung Batu

Raden Isnanta juga menjelaskan bahwa dosen kewirausahaan berperan penting dalam membina minat mahasiswa terhadap wirausaha.

Selain itu, para dosen diharapkan dapat menumbuhkan semangat kemandirian yang kuat pada mahasiswa, sehingga mereka mampu menciptakan peluang kerja, baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk orang lain.

Kategori :