Kakanwil Kemenkumham Sumsel Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Bersama Wujudkan Indonesia Emas

Selasa 01-10-2024,15:38 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menyelenggarakan upacara khidmat yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah, Dr. Ilham Djaya.

Upacara ini dilaksanakan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Palembang dan dihadiri oleh para pejabat tinggi Kemenkumham Sumatera Selatan, termasuk para Kepala Divisi, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kota Palembang, serta pegawai di lingkup Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Upacara yang berlangsung pada Selasa pagi ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Tema tersebut dipilih sebagai refleksi terhadap peran Pancasila dalam membangun bangsa yang tangguh dan mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045.

Bertindak sebagai Perwira Upacara dalam kegiatan ini adalah Kepala Rutan Kelas I Palembang, David Rosehan. Acara dimulai dengan laporan komandan upacara dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, Dr. Ilham Djaya.

BACA JUGA:Patut Jadi Contoh, Begini Cara Enos Tingkatkan Produksi Gabah di OKU Timur dan Rencana Besar Ilirisasi

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Sadis Ibu dan Anak di Macan Lindungan Dituntut Jaksa Pidana Mati

Suasana khidmat semakin terasa ketika seluruh peserta upacara mengikuti pembacaan teks Pancasila yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, diikuti oleh pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh salah satu pejabat upacara.

Puncak dari rangkaian upacara ini adalah pembacaan Naskah Ikrar yang dibawakan oleh Kepala Sub Seksi Registrasi Rutan Kelas I Palembang.

Naskah Ikrar tersebut merupakan simbol pernyataan komitmen bersama dalam menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan moral dan ideologi negara. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh salah satu pejabat untuk memohon keberkahan dan keselamatan bagi bangsa dan negara.

Dalam amanatnya, Dr. Ilham Djaya menegaskan pentingnya merenungkan kembali makna dan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi para pegawai di lingkungan Kemenkumham.

BACA JUGA:Driver Ojol di Palembang Dibegal, Korban Dipukul dan Diancam Pelaku dengan Sajam, Sepeda Motor Raib

BACA JUGA:TERKINI, 2000 Pedagang Ngotot Ingin Berjualan Lagi di Pasar 16 Ilir Palembang

Beliau menekankan bahwa Pancasila harus menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat, serta sebagai panduan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa dalam perjalanan menuju Indonesia Emas.

“Kita semua di sini, sebagai insan pengayoman, memiliki peran penting dalam membentuk masa depan bangsa. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila secara konsisten dalam pekerjaan kita, kita dapat mewujudkan Indonesia yang tangguh, adil, dan makmur menuju cita-cita Indonesia Emas,” ujar Dr. Ilham Djaya dalam sambutannya.

Selain melaksanakan upacara, momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga dimanfaatkan untuk memberikan penghargaan kepada sejumlah pegawai berprestasi di lingkungan Kemenkumham Sumatera Selatan.

Kategori :