KPU Kabupaten Muara Enim Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

Selasa 24-09-2024,18:01 WIB
Reporter : Ozy
Editor : Rahmat

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim secara resmi menggelar acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim Tahun 2024 di lapangan Merdeka Muara Enim pada Selasa, 24 September 2024.

Acara ini merupakan rangkaian dari proses demokrasi Pilkada di Kabupaten Muara Enim dan dihadiri oleh berbagai pihak penting yang terlibat dalam pemilihan.

Hadir dalam acara tersebut Plt Bupati Muara Enim Hengky Putrawan, Kapolres Muara Enim yang diwakili oleh Wakapolres Muara Enim Kompol Roy Arpian Tambunan, serta Dandim 0404 Muara Enim yang diwakili oleh Kasdim, Mayor CHB Jauhari.

Selain itu, Ketua KPU Muara Enim, Rohani SH, Ketua Bawaslu Zainuddin, AP MSi, Kajari Muara Enim Rudi Iskandar SH MH, jajaran Forkopimda, serta para kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati juga turut menghadiri acara ini.

BACA JUGA:Sriwijaya FC Kian Terbenam di Dasar Klasemen Pegadaian Liga 2 2024/25, Kalah atas Persiraja

BACA JUGA:Waduh, Oknum Kades di Indragiri Hilir Ini Punya ‘Program’ Sabu Masuk Desa, Kok Bisa Terpilih Sih?

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Muara Enim, Rohani SH, menjelaskan bahwa deklarasi kampanye damai ini adalah salah satu tahapan penting dalam Pilkada 2024.

Setelah sebelumnya melakukan pleno terbuka untuk pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, tahapan ini dilanjutkan dengan pembacaan naskah deklarasi kampanye damai oleh seluruh pasangan calon.

Rohani menegaskan bahwa deklarasi ini adalah komitmen untuk melaksanakan Pilkada yang jujur, adil, dan damai.

“Deklarasi ini merupakan pengungkapan komitmen dan perjanjian untuk mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia (luber), serta jujur dan adil (jurdil). Selain itu, deklarasi ini juga menegaskan pentingnya pelaksanaan kampanye secara damai, aman, tertib, berintegritas, tanpa hoaks, dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Rohani.

BACA JUGA:ASN Lapas Tanjung Raja Raih Medali Emas Kejurnas Federasi Kempo Indonesia Menkumham Cup II Tahun 2024

BACA JUGA:Gegara Judi Online, Kakak dan Adik di Palembang Tega Habisi Nyawa Tukang Ojek dengan Pedang

Kampanye Pilkada Kabupaten Muara Enim akan berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024. Rohani berharap seluruh pasangan calon dan tim kampanye dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan dan menjaga situasi politik yang kondusif di Muara Enim.

“Kami yakini semua pasangan calon beserta tim kampanye akan melaksanakan Pilkada secara damai, sebagaimana yang diikrarkan pada hari ini. Harapan kami, angka partisipasi pemilih dapat mencapai 90 persen dari total mata pilih yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim, Hengky Putrawan, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan deklarasi kampanye damai ini. Ia berharap agar situasi di Kabupaten Muara Enim tetap kondusif selama seluruh tahapan Pilkada, termasuk saat berlangsungnya debat kandidat dan kegiatan-kegiatan Pilkada lainnya.

Kategori :