Panen Perdana Melon Premium, Kelompok Pembibitan Eco Agrotomation PTBA Ciptakan Peluang Emas di Muara Enim

Rabu 11-09-2024,17:39 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Dengan teknik ini, pertanian dapat berkembang meskipun di daerah yang memiliki keterbatasan lahan subur.

BACA JUGA:PS5 Pro akan Meluncur November Mendatang, Berikut Ini Beberapa Peningkatannya?

BACA JUGA:Ribuan Laskar Merah Putih Siap Menangkan MataHati di Pilgub Sumsel 2024

“Kami berharap, melalui inovasi ini, semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk ikut serta dalam program pertanian modern yang kami kembangkan,” tambahnya.

Keberhasilan panen perdana ini juga mendapat apresiasi dari PTBA. Mustafa Kamal, AVP Sustainable Economic, Social, & Environment PTBA, menyampaikan bahwa pencapaian ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat melalui program pertanian berkelanjutan dan wirausaha.

"Panen melon golden premium ini tidak hanya menjadi bukti keberhasilan teknologi hidroponik, tetapi juga menjadi contoh nyata dari kolaborasi yang kuat antara PTBA dan masyarakat lokal. Kami berharap ini dapat menjadi inspirasi bagi petani lain untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan teknologi demi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka," jelas Mustafa Kamal.

Mustafa Kamal juga menegaskan bahwa PTBA akan terus memberikan dukungan bagi pengembangan sektor pertanian di wilayah Muara Enim.

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Hadiri Pertemuan IMT-GTChief Ministers and Governor’s Forum ke-21 Tahun 2024

BACA JUGA:Geger Honda PCX Isi Bensin Melalui Jok Motor, Warganet Sebut Akal-Akalan Kelabui BBM Subsidi

Dengan adanya program seperti ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang memiliki alternatif sumber penghasilan yang stabil dan berkelanjutan, sehingga mereka dapat mengurangi ketergantungan pada pertambangan ilegal yang merusak lingkungan.

Tak hanya dari pihak PTBA, dukungan dan apresiasi juga datang dari pemerintah daerah. Ulil Amri, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Muara Enim, turut hadir dalam acara panen ini dan menyampaikan pujiannya atas keberhasilan kelompok tersebut.

Menurutnya, metode pertanian semi-modern seperti hidroponik sangat cocok diterapkan di wilayah yang memiliki tantangan dalam hal ketersediaan lahan subur.

"Melon golden ini tidak hanya memberikan keuntungan ekonomi yang besar bagi para petani, tetapi juga berperan dalam stabilisasi harga pangan di daerah ini. Melalui hasil panen ini, kita bisa melihat potensi besar pertanian hidroponik untuk mendukung kemandirian pangan serta mengurangi inflasi di tingkat lokal," kata Ulil Amri.

BACA JUGA:Eksplorasi Varian Oppo Find X7 Ultra yang Punya Fitur Komunikasi Satelit, Segini Harganya

BACA JUGA:Jatanras Gelar Rekontruksi Kasus Pembunuhan Petani di Empat Lawang yang Tewas Saat Makan di Warung Bakso

Dia juga mendorong lebih banyak petani untuk mengikuti jejak Kelompok Pembibitan Eco Agrotomation dengan mencoba menanam komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi menggunakan teknologi hidroponik.

Kategori :