HEBOH, Polemik Pembangunan Bioskop Dekat Ka'bah, Integrasi Hiburan dan Keagamaan di Era Modern

Jumat 30-08-2024,17:59 WIB
Reporter : Indra MH
Editor : Rakhmat MH

HEBOH, Polemik Pembangunan Bioskop Dekat Ka'bah, Integrasi Hiburan dan Keagamaan di Era Modern

MAKKAH, SUMEKS.CO- Masyarakat Muslim di seluruh dunia tengah menyoroti rencana pembangunan sebuah bioskop yang letaknya tidak jauh dari Ka'bah dan Masjidil Haram.

Ya,  tepatnya di Distrik Al-Abidiyah dekat dengan Universitas Umm Al Qura (UUA), Makkah, Arab Saudi. 

Rencana ini menjadi bagian dari proyek Smart Mecca (Makkah Cerdas), yang diusung oleh Saudi Entertainment Ventures (Seven), sebuah anak perusahaan dari Dana Investasi Publik (PIF). 

Tujuan dari proyek ini adalah mengintegrasikan fasilitas hiburan modern dalam kota sambil tetap menghormati nilai-nilai keagamaan yang kuat yang dipegang oleh umat Islam.

BACA JUGA:Mengenal Makkah Al-Mukarromah, Pusat Peradaban Islam dan Kiblat Umat Muslim

BACA JUGA:Ustadz Abdul Somad Ungkap Pertemuan Terakhir di Makkah Bersama Al Habib Mahdi: ‘Aku Bersaksi Habib Orang Baik’

Sejak diperkenalkannya video oleh seorang insinyur konstruksi Saudi pada 15 Agustus 2024, diskusi mengenai rencana pembangunan ini telah menyebar luas di media sosial dan menjadi topik hangat di berbagai forum diskusi. 

Proyek ini dilaporkan bernilai sekitar US$347 juta atau sekitar Rp5,3 triliun, dan mencakup area seluas 80.000 meter persegi.

Bioskop di Mekkah ini, yang merupakan komponen utama dari inisiatif "Smart Makkah," mencerminkan upaya terbaru dalam rangkaian inisiatif yang diluncurkan di bawah Visi 2030 yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. 

Program ini bertujuan untuk memodernisasi ekonomi Saudi dan membuka masyarakatnya lebih luas terhadap pengaruh global, termasuk menghapus larangan bioskop yang telah ada selama lebih dari 40 tahun.

Perubahan Budaya dan Kebijakan Kerajaan Arab Saudi

Pencabutan larangan bioskop di Arab Saudi pada tahun 2018 menandai titik balik dalam kebijakan sosial dan budaya negara tersebut. 

BACA JUGA:Parade Pakai Baju Adat di Sekolah, Siswa Ini Pede Kenakan Pakaian Gamis Arab, Belinya Langsung di Makkah

BACA JUGA:Viral Jemaah Haji Cina Membersihkan Jalan-jalan di Kota Makkah Sebelum Mereka Berangkat Pulang

Kategori :