Kolaborasi Persatuan Insinyur Indonesia dan Mitra untuk Mendukung Transisi Energi Indonesia Menuju NZE 2060

Jumat 30-08-2024,12:58 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua PII Wilayah Sumatera Selatan, Bapak Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE, IPU, MKU, ASEAN Eng., APEC Eng. Dalam sambutannya, Prof. Anis menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan Semnas 2024.

Beliau berharap agar diskusi yang dihasilkan dalam seminar ini dapat menjadi langkah konkret dalam mendorong transisi energi yang lebih cepat dan berkelanjutan di Indonesia.

BACA JUGA:Cari HP Entry Level? Realme Note 60 Bisa Menjadi Pilihan Harga Rp1 Jutaan

BACA JUGA:Konsen Terhadap Dampak Karhutla, Waka PN Palembang Bakal Pimpin Sidang Gugatan Terhadap 3 Perusahaan HTI

Seminar Nasional ini menghadirkan sepuluh narasumber yang kompeten di bidangnya, memberikan wawasan dan pandangan strategis terkait implementasi transisi energi di Indonesia. Beberapa narasumber tersebut antara lain:

Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng., M.Eng., IPU, yang membahas mengenai kebijakan energi terbarukan dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mencapai NZE 2060.

Ketua PII Wilayah Sumatera Selatan, Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, yang membahas peran insinyur dalam mendukung kemandirian energi di tingkat regional.

Direktur Utama PT Pusri, Dr. Ir. Daconi Khotob, M.M., yang memaparkan strategi perusahaan dalam mendukung transisi energi.

BACA JUGA:Si Jago Merah Mengamuk di Kawasan Padat Penduduk 10 Ilir Palembang

BACA JUGA:Oppo Pamerkan Konsep Smartphone Tri-Fold, Tren Besar Berikutnya di Pasar Smartphone Lipat

Ketua KEA LAM Teknik, Prof. Dr.-Ing. Ir. Misri Gosan, M.Tech., IPU., ASEAN.Eng., yang menguraikan tentang standar keinsinyuran yang diperlukan untuk mendukung inovasi energi.

Para narasumber lainnya, termasuk pimpinan dari sektor ketenagalistrikan dan industri energi terbarukan, juga memberikan presentasi yang mendalam tentang tantangan dan peluang yang dihadapi dalam transisi energi menuju Net Zero Emission, yakni: Ketua Badan Kejuruan Elektro (BKE) PII, Ir. Bob Saril, M.Eng.Sc., IPU, Ketua Komite Jalan BKS Sipil, Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, ST, MT, IPU, ASEAN Eng., Direktorat Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Ir. Wanhar, Direktur Utama PT. PLN Enjinering, Ir. Chairani Rachmatulah, M.T., M.Eng.Sc., IPU, Plant manager Cirata Solar PV, Aripriantoni Harmanto dan PT Apollo Solar Indonesia, Muhammad Irfan Jambak, S.T., M.Eng., Ph.D. 

Semnas 2024 diadakan dalam format hybrid, di mana narasumber dan peserta dapat hadir secara luring di Hotel Aryaduta Palembang atau secara daring melalui platform Zoom.

Acara ini juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube PII Kota Palembang, memungkinkan partisipasi yang lebih luas dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Smartphone Itel P38 Pro: Menawarkan Kapasitas Baterai Besar serta Fitur Pengisian Tercepat

BACA JUGA:Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kemenkumham Sumsel Gelar Sosialisasi Kekayaan Intelektual di Lubuklinggau

Kategori :