Kenapa September IKN Ditutup untuk Kunjungan Umum? Ini Alasannya!

Senin 26-08-2024,18:48 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Pembangunan sejumlah infrastruktur dan pendukung lainnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Dengan tujuan segera difungsikan atau digunakan. 

Dimana pemerintah usai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 kemarin, segera akan memindahkan pegawai yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) secara bertahap. 

Termasuk di awal September 2024 ini juga Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mulai berkantor di Istana Negara Garuda di IKN Nusantarakita. 

Rupanya, di September 2024 ini IKN Nusantarakita akan ditutup hingga diakhir September 2024.

BACA JUGA:Landasan Pacu Bandara di IKN Mulai Uji Coba, Begini Hasilnya!

BACA JUGA:Dicopet Saat Belanja di Pasar 16 Ilir, Wanita Ini Baru Sadar Tas Miliknya Disilet, Langsung Lapor Polisi

Penutupan ini terkait kunjungan umum ke IKN, yakni dalam rangka mempercepat pekerjaan konstruksi terutama untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Jadi penutupan IKN di Provinsi Kalimantan Timur untuk umum ini beralasan, sehingga bukan asal-asalan tutup. 

Adanya penutupan untuk umum di IKN nanti maka proses atau progres pengerjaan infrastruktur dasar yang dibangun pemerintah bisa dipercepat.

Pembangunan itu adalah seperti pengerjaan pengaspalan jalan sumbu barat, jalan sumbu timur, pembangunan anjungan pengunjung, serta area pekerjaan area parkir.

BACA JUGA:Masjid Negara Megah di IKN: Siap Tampung 60.000 Jamaah, Simbol Keagungan Nusantara

BACA JUGA:Gedung Wakil Rakyat Rusak Saat Demo Jangan Diperbaiki, Sebaiknya Tanpa Pagar Agar Lebih Dekat Dengan Rakyat

Dimana memang usai peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024, pembangunan di IKN akan dilanjutkan kembali, di mana terdapat 68 paket pekerjaan dengan intensitas yang sangat tinggi dan dilaksanakan bersamaan. 

"Untuk itu, kunjungan umum ke IKN akan ditutup sementara hingga September 2024," tulis akun instagram resmi Kementerian PUPR di Jakarta, dikutip berbagai sumber. 

Lalu, untuk Jalan tol Balikpapan - KIPP IKN yang sebelumnya dibuka fungsional untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN, saat ini juga kembali ditutup hingga pekerjaan konstruksi selesai. 

Kategori :