Terpantau 4 Titik Fire Spot di OKI, Lokasi Karhutla Dilakukan Pendinginan

Rabu 21-08-2024,19:40 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di musim kemarau terpantau ada sebanyak 4 titik fire spot membuat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

"Fire spot di OKI belakangan ini sudah terpantau sebanyak 4 titik sehingga menjadi karhutla di 3 lokasi," Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKI, Listiadi Martin melalui Plt Sekretaris, Nova Triyussanto. 

Dijelaskan Nova, selain terpantau fire spot juga ada terpantau hot spot. Tetapi untuk hot spot belum tentu menjadi api yang berpotensi kebakaran. 

"Dari 4 titik fire spot itu adalah di Desa Rambai, Menang Raya, Penyandingan dan hot spot di Pematang Panggang," ungkap Nova, kepada SUMEKS.CO, Rabu 21 Agustus 2024.

BACA JUGA:Mopping Up Sisa Bara Api di Lokasi Karhutla Tanjung Sari II OKI Selesai

BACA JUGA:Cek Kesiapan Penanganan Karhutla, Kapolres OKI Kunjungi Posko Terpadu Jejawi

Diterangkan Nova, fire spot yang terpantau ini karena memang kondisi kemarau yang sudah tidak ada hujan. Apalagi Agustus merupakan puncak kemarau. Sehingga dengan cuaca panas itu untuk semak belukar menjadi kering dan mudah terbakar karena adanya fire spot. 

Lanjut dia, seperti hari ini karhutla terjadi di Desa Menang Raya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI. Petugas gabungan dari Manggala Agni, TNI, Polri, BPBD, MPA dan masyarakat berjibaku memadamkan api. 

"Usai dilakukan pemadaman langsung dilakukan pendinginan. Sama seperti di karhutla di Tulung Selapan dan Desa Rambai Kecamatan Pangkalan Lampam juga dilakukan pendinginan," jelas Nova. 

Ditambahkan Nova, untuk lokasi karhutla yang terjadi ini merupakan jenis tanah gambut dan memang rawan terbakar di musim kemarau. Apabila sudah ada api akan menjalar sehingga meluas. 

BACA JUGA:Masih Ada Spot Asap di Lokasi Karhutla Tanjung Sari II OKI, Personel Lakukan Mopping Up

BACA JUGA:Personel Manggala Agni Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Lokasi Karhutla Desa Tanjung Sari II

"Pemadaman oleh personel untuk sumber air yaitu kanal-kanal, dan dalam pemadaman sering terkendala," katanya. 

Sambungnya, dalam hal pemadaman karhutla sering terkendala. Baik sumber air ataupun menuju lokasi karhutla atau medan menuju kepala api nya. Yaitu jarak yang bervariatif. 

Terutama lahan gambut yang sulit dipadamkan dan lokasi atau kawasan yang jauh dari akses. 

Kategori :