Terpantau 4 Titik Fire Spot di OKI, Lokasi Karhutla Dilakukan Pendinginan

Rabu 21-08-2024,19:40 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

"Hari ini petugas gabungan masih berusaha melakukan pemadaman. Semoga api padam dan tidak meluas," ucapnya. 

BACA JUGA:Sudah 3 Hari Petugas Gabungan Padamkan Api Karhutla Seluas 10 Hektare di OKI, Polda Sumsel Pertebal Personel

BACA JUGA:Kapolda Sumsel Cek Karhutla di Lempuing Jaya, Pertebal Personel BKO dan Brimob ke Lapangan

Dijelaskan Nova, untuk peristiwa karhutla yang terjadi di Rambai, Kecamatan Pangkalan Lampam terjadi, Selasa 20 Agustus 2024 kemarin. Lahan milik masyarakat dengan luasan yang cukup luas yaitu 3 hektar. 

"Karhutla di Desa Rambai yang terjadi kemarin dan api masih belum padam betul, jadi masih terdapat asap. Jadi untuk hari ini masih dilakukan pendinginan," ungkap Nova. 

Kemudian, lanjut dia, untuk lokasi karhutla yang juga terjadi yaitu terdapat di Desa Penyandingan, Kecamatan Tulung Selapan. Lahan yang terbakar ini juga merupakan milik masyarakat. 

Adapun luasan lahan yang terbakar tidak begitu luas. Yaitu dengan luasan 20x20 meter. Lokasi karhutla ini juga telah selesai dipadamkan. 

BACA JUGA:Dibantu Helikopter Water Bombing, Personel Gabungan Berjibaku Padamkan Karhutla di Lempuing Jaya OKI

BACA JUGA:Waspada, Kabut Asap Mulai Mengancam Kesehatan Akibat Karhutla, Indeks Kualitas Udara Naik Segini

Nova menegaskan, karhutla juga kembali terjadi pada hari ini Rabu, 21 Agustus 2024 yaitu di Desa Menang Raya, Kecamatan Pedamaran, Kabupaten OKI. 

"Karhutla di Desa Menang Raya ini terjadi siang tadi. Saat ini petugas gabungan yang terdiri dari personel Manggal Agni, TNI, Polri, serta petugas BPBD OKI dan MPA masih berjibaku melakukan pemadaman api," terangnya. 

Lanjut Nova, lahan yang terbakar di Desa Menang Raya ini untuk luasannya masih belum dipastikan. Tetapi seperti cukup luas dan masih dilakukan pemadaman. 

"Pemadaman di Desa Menang Raya ini dilakukan oleh personel gabungan. Dengan terbakar tujuan api bisa dikuasai dan dipadamkan sehingga tidak menjalar ke lokasi lainnya," beber Nova. 

BACA JUGA:Kepergok Buka Lahan dengan Cara Membakar, Pelaku Karhutla di Banyuasin Masuk Bui

BACA JUGA:15 Pelaku Tawuran di Tulung Selapan OKI Diamankan Personel BKO Karhutla, Petugas Temukan Airsoft Gun

Ditambahkan Nova, untuk lokasi karhutla yang terjadi ini merupakan jenis tanah gambut dan memang rawan terbakar di musim kemarau. Apabila sudah ada api akan menjalar sehingga meluas. 

Kategori :