Indonesia Diguncang Berbagai Macam Gempa, Tak Hanya dari Megathrust

Rabu 21-08-2024,16:43 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat bahwa di wilayah Indonesia banyak sumber gempa. Dimana memang kawasan rawan gempa kuat dan tsunami akibatnya banyaknya sumber gempa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Jadi bukan hanya Megathrust. 

Potensi ancaman megathrust yang mengintai RI bukan sebagai peringatan dini, apalagi prediksi. BMKG tidak bisa memprediksi kapan megathrust terjadi. 

"Yang jelas kami belum bisa memprediksi gempa, mau megathrust, minithrust. Kami sudah mulai tapi akurasinya belum sehingga tidak kami terapkan. Masyarakat diimbau untuk tetap beraktivitas seperti biasa," ujar Dwikorita.

BACA JUGA:Anak Indigo Tigor Otadan Sebut Gempa Maha Dahsyat akan Terjadi di Tanah Karo dan Mahakam, Sepakat dengan BMKG?

BACA JUGA:INFO BMKG: Cuaca Palembang Hari Ini Berawan Sepanjang Hari

Ditegaskan Dwikorita, ia mengimbau agar tidak dimaknai keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat. 

"Sumbernya itu tidak hanya megathrust. Jangan dilupakan. Kita sibuk megathrust, patahan yang ada di darat, di bawah kaki kita. Yang ada di Sumatra, di Jawa, di Sulawesi. Patahan-patahan ini juga berbahaya meski magnitudonya tidak mega," jelasnya, dikutip berbagai sumber.

Lanjutnya, hanya 5 koma sekian saja, faktanya rumah pada roboh. Karena rumah belum standar tahan gempa. Maka oleh karena itu, 

BMKG mengkoordinasikan gerakan memetakan patahan aktif, bersama BRIN, perguruan tinggi, yang belum terpetakan. 

BACA JUGA:INFO BMKG, Modifikasi Cuaca untuk Cegah Karhutla di Sumatra dan Kalimantan

BACA JUGA:INFO BMKG: Cerah Berawan Hiasi Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini Minggu 21 Juli 2024

Sambungnya, potensi gempa megathrust, bukan prediksi atau peringatan dini. Maka mengimbau agar tidak dimaknai keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat ini. 

Informasi potensi gempa dan tsunami merupakan upaya persiapan untuk mencegah risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa.

Dimana potensi Gempa dan Tsunami akan selalu ada dan kapan terjadinya tidak dapat diprediksi, sehingga upaya mitigasi tetap harus terus disiapkan. 

Kategori :