Woow! Anggaran HUT ke-79 di IKN Capai Rp87 Miliar, Pemborosan Gak Sih!

Rabu 14-08-2024,13:35 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

Woow! Anggaran HUT ke-79 di IKN Capai Rp87 Miliar, Benarkah! 

SUMEKS.CO - Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun ini, pemerintah merencanakan dua lokasi. 

Yaitu di Ibu Kota Negara Jakarta dan di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantarakita Provinsi Kalimantan Timur. 

Di IKN Nusantarakita, untuk anggaran yang disiapkan pada peringatan HUT RI sebesar Rp87 Miliar. Ini disiapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Dimana nilai anggaran untuk perayaan HUT RI di IKN Nusantarakita jauh lebih besar daripada perayaan HUT RI di Jakarta tahun lalu.

BACA JUGA:Ratusan Kepala Daerah Berkumpul di IKN: Apa yang Dibahas?

BACA JUGA:Pj Bupati Muara Enim Siap Terapkan Semangat Pembangunan IKN di Bumi Serasan Sekundang

"Tahun ini kami menyiapkan anggaran Rp87 miliar untuk kegiatan perayaan 17 Agustus di IKN Nusantarakita. Memang jika dibandingkan tahun lalu di Jakarta sebesar Rp 50 miliar saja," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachatarwata pada konferensi pers APBN, Edisi Agustus 2024 di Kementerian Keuangan, Jakarta. 

Dijelaskan, anggarannya naik atau besar dari tahun lalu, karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di sana, terutama penyiapan sarana fisiknya. 

"Anggaran jadi besar karena pengadaan alat-alat upacara yang baru di IKN dan memang perlu dilakukan," ujarnya, dikutip berbagai sumber. 

Tak hanya itu, masih dikatakan Isa, pemerintah juga menyiapkan jamuan bagi para tamu negara di IKN Nusantarakita. 

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Gelar Wisuda Purnabakti untuk Zullaeni, Mantan Kepala Lapas Sungailiat

BACA JUGA:Menteri AHY Kagumi Kemegahan Istana Garuda saat Ikuti Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN

"Ada jamuan yang lebih besar dibandingkan di Jakarta. (Anggarannya membesar) terutama karena di lokasi perayaan HUT disana belum tersedia sarana dan prasarana," terangnya. 

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengundang sebanyak 1.300 tamu untuk menghadiri perayaan HUT RI di IKN Nusantarakita.

Kategori :