Kemenkumham Sumsel Terapkan Dapur Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Hidup di Lapas dan Rutan

Minggu 11-08-2024,15:27 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kehidupan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) melalui penerapan konsep dapur sehat di seluruh fasilitas pemasyarakatan di provinsi ini.

Menurut Ilham Djaya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, "Seluruh lapas dan rutan yang ada di provinsi ini telah menerapkan dapur sehat untuk memenuhi kebutuhan makan para tahanan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP)."

Pernyataan ini disampaikan Ilham Djaya pada hari Sabtu 10 Agustus 2024.

Ilham menjelaskan bahwa untuk memastikan implementasi dapur sehat berjalan dengan baik, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Heboh! Paslon Foto Bareng di Puskesmas dan Camat Dampingi Paslon dalam Bantuan Korban Kebakaran

BACA JUGA:Spesifikasi Vivo Y20s Bawa Kapasitas RAM dan Memori Internal Besar dibalut Fitur Eye Protection

Pengecekan terbaru dilakukan di Lapas Lubuklinggau, di mana Ilham bersama tim melakukan tinjauan langsung ke dapur sehat Lapas Lubuklinggau serta berkomunikasi dengan petugas dapur dan warga binaan.

Ilham menyatakan, "Saya mengapresiasi serta memberikan saran dan masukan yang bermanfaat untuk perbaikan sarana dapur sehat. Petugas diminta untuk selalu menjaga komunikasi dengan warga binaan, terutama terkait waktu pengolahan makanan sesuai menu dan pendistribusian makanan dalam keadaan higienis."

Ini bertujuan untuk memastikan bahwa makanan yang disajikan tetap berkualitas dan memenuhi standar kesehatan.

Selain itu, Ilham juga berkomunikasi dengan dokter dan perawat di Lapas Lubuklinggau untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan kepada seluruh warga binaan tetap optimal.

BACA JUGA:Dorong Ekonomi UMKM Banyuasin, Pj Bupati Gelar Acara Mingguan di Taman Kota Pangkalan Balai

BACA JUGA:Timnas Voli Putri Indonesia Harus Akhiri Tren Negatif di SEA V League 2024, Filipina Menjadi Batu Loncatan?

Penekanan pada pelayanan kesehatan merupakan bagian dari upaya menjaga kesejahteraan warga binaan di lapas.

Kakanwil Ilham Djaya juga mengingatkan petugas pintu utama (P2U) lapas agar selalu memastikan keamanan dan ketertiban terjaga dengan baik.

Hal ini dilakukan dengan kekuatan regu pengamanan serta memastikan kondisi lapas tetap aman dan kondusif.

Kategori :