Dituding Mistis, Ini Jawaban Pendesain Istana Garuda di IKN

Minggu 11-08-2024,10:14 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

SUMEKS.CO - Pembangunan istana kepresidenan yaitu istana negara yang disebut Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) atau Nusantarakita, di Provinsi Kalimantan Timur dirancang khusus. 

Dimana pembangunannya didesain oleh perancang ternama di Indonesia. Yaitu Nyoman Nuarta. Pembangunan Istana Negara atau Istana Garuda terus dilaksanakan. 

Sebelumnya, gedung Istana Garuda juga telah dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor selama 3 hari beberapa waktu yang lalu. 

Sayangnya, mengenai Istana Kepresidenan atau Istana Negara, Istana Garuda ini dituding mistis. Padahal desain Istana Garuda ini dirancang penuh makna. 

BACA JUGA:Tol IKN Beroperasi Jelang HUT RI ke-79, Akses Ibu Kota Nusantara Semakin Mudah

BACA JUGA:Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Menuju IKN Jelang HUT RI ke-79, Warganet: Rakyat Lapar Pak

Dikatakan perancang desain Istana Garuda, Nyoman Nuarta, desain istana tersebut dibuat untuk menunjukkan kewibawaan. 

Kalaupun hasil desin Istana Garuda dinilai mistis itubmerupakan persepsi tiap individu.

"Jadi, kalau itu menjadi aura mistis dan segala macam, ya itu terserah masing-masing lah. Tapi kita membuat itu tentu Istana itu agar berwibawa, kita butuh butuh wibawa itu," kata Nyoman, dikutip berbagai sumber. 

Diungkapkan Nyoman, Istana di IKN atau Nusantarakita harus menggambarkan ciri bangsa. Dimana penmbangunan istana tak bisa disamakan dengan membangun rumah atau gedung-gedung lainnya.

BACA JUGA:Mau Ikut Upacara HUT RI di IKN dan Jakarta, Ini Syaratnya!

BACA JUGA:Pakai Pawang Usir Hujan di IKN untuk Kebut Pembangunan dan HUT RI ke-79, Malah Dicibir Warganet

"Jadi jangan berpikirannya seperti rumah, karena kebawa-bawa dari zamannya kolonial. Istana ini harus kita bangun sendiri dengan ciri kita sendiri," ujarnya.

Masih kata Nyoman, ia tak ingin rancangan istana di IKN atau Nusantarakita ininsama dengan bangunan lain yang sudah ada. Sehingga bangunan istana harus berbeda.

"Kita kan membangun itu namanya Istana berbeda dong dengan bangunan-bangunan rumah yang lain, bangunan hotel, termasuk bangunan yang sudah ada, saya nggak mau," bebernya.

Kategori :