Lihat Aksi Berani Imam Masjid ini Untuk Jembatani Perdamaian di Tengah Kerusuhan Rasis di Inggris

Sabtu 10-08-2024,14:12 WIB
Reporter : Indra R
Editor : Rahmat

Aksi Berani Imam Masjid ini Untuk Jembatani Perdamaian di Tengah Kerusuhan di Inggris

Liverpool, sumeks.co- Sosok Adam Kelwick, Imam Masjid Abdullah Quilliam di Liverpool Inggris, menjadi sorotan publik setelah sebuah foto yang menunjukkan dirinya memeluk pengunjuk rasa sayap kanan viral di media sosial. 

Tindakan Adam Kelwick ini mendapatkan banyak pujian.

Itu karena Adam Kelwick menunjukkan sikap persahabatan dan perdamaian kepada kelompok yang selama ini dikenal sering menyuarakan kebencian (rasis) terhadap kaum Muslim di Inggris.

Insiden Kerusuhan Berawal dari Info Hoaks

Kerusuhan dimulai pada Jumat, 2 Agustus 2024, ketika simpatisan sayap kanan berkumpul di Masjid Abdullah Quilliam. 

Mereka diprovokasi oleh berita hoaks yang beredar di media sosial (medsos), yang menyatakan bahwa pelaku penusukan di sebuah sanggar tari di Southport adalah seorang Muslim dan imigran gelap. 


Sosok Adam Kelwick, Imam Masjid Abdullah Quilliam di Liverpool Inggris, --

BACA JUGA:Gempar Isu Rasis Istana Buckingham Diungkap pada Dokumenter Harry dan Meghan di Netflix, Raja Charles No Komen

BACA JUGA:Stop Serang Rasis ke Akun Guinea, Timnas Indonesia Posting ‘No Discrimination FIFA’ Selamat Timnas Guinea U-23

Insiden penusukan tersebut menewaskan tiga perempuan dan melukai delapan lainnya.

Kejadian ini memicu kemarahan massa, yang kemudian berbondong-bondong menuju masjid untuk mengekspresikan protes mereka. 

Kebencian yang dipicu oleh disinformasi ini mengakibatkan suasana di sekitar masjid menjadi sangat tegang dan berbahaya.

Ketika banyak umat Muslim memilih untuk berdiam diri di rumah demi keselamatan, Adam Kelwick memutuskan untuk menghadapi situasi dengan cara yang berbeda. 

Dengan penuh keberanian, ia keluar dan mendekati para pengunjuk rasa.

Kategori :