10 Underpass Perlintasan Hewan di Jalan Tol Trans Sumatera, Komitmen Inisiatif Berkelanjutan

Rabu 07-08-2024,15:40 WIB
Reporter : Edy W
Editor : Rahmat

BACA JUGA:Hutama Karya Perkuat UMKM di Rest Area JTTS untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Regulasi ini memfasilitasi tiga hal pokok: jalan strategis yang melintasi kawasan hutan, jalan yang menghubungkan dan mendukung kegiatan strategis nasional, serta jalan bagi masyarakat yang terisolir.

 Ruang lingkup yang diatur meliputi perencanaan pembangunan jalan strategis, kriteria pembangunan, persyaratan teknis, dan pelaksanaan pembangunan jalan strategis.

Keunikan Jalan Tol di Indonesia

Selain upaya pelestarian lingkungan, beberapa ruas jalan tol di Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri. 

Contohnya adalah Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai, yang dirancang untuk melintasi binatang seperti Gajah Sumatera dengan lima terowongan perlintasan hewan. 

Tol Bali Mandara, yang dibangun di atas laut, menawarkan pemandangan indah arsitektur dan budaya Bali. 

Tol Ngawi-Kertosono-Kediri memiliki fitur tol bernyanyi, yang menghasilkan nada dari rumble strip saat dilalui kendaraan.

Tol Cisamdawu memiliki terowongan kembar, sementara Tol Andi Pangeran Pettarani di Makassar menjadi jalan layang tol pertama di Indonesia timur. 

Tol Cibitung-Cilincing dikenal sebagai tol terpendek, sedangkan Tol Bawen-Salatiga terkenal dengan pemandangan latar belakang Gunung Merbabu.

Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung di Sumatera merupakan tol terpanjang, dan Tol Jagorawi di Jawa Barat adalah tol tertua di Indonesia.

 

 

 

Kategori :