Pj Sekda Sumsel Edward Candra Buka Bimtek Reviu RKA Berbasis SIPD

Kamis 01-08-2024,09:54 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Candra, MH menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Reviu Rencana Kerja Anggaran (RKA) berbasis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) melalui aplikasi e-Reviu tahun 2024, bertempat di Aula BPSDM Provinsi Sumsel, Rabu 31 Juli 2024.

Kegiatan ini juga dihadiri secara virtual oleh Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemendagri Brigjen Pol Rustam Mansur, SIK MM. 

Dalam kata sambutannya Pj Sekda Sumsel Edward berharap Bimtek ini dapat meningkatkan kualitas penyusunan dokumen perencanaan penganggaran. 

Selain itu juga dapat menjamin konsistensi dan keterpaduan antara perencanaan dan penganggaran agar menghasilkan APBD yang berkualitas, efektif dan efisien dalam pencapaian prioritas dan sasaran pembangunan nasional dan daerah. 

BACA JUGA:Kadishub Palembang Aprizal Hasyim Bakal Dilantik Jadi PJ Sekda Gantikan Ratu Dewa

BACA JUGA:Sekda Sumsel Edward Candra Dorong BBLKM Jadi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang Berkualitas Tinggi

“Aplikasi e-Reviu ini dibangun oleh Kementerian Dalam Negeri, yang pada tahap awal ini difokuskan pada pelaksanaan reviu dokumen anggaran, dan nantinya kita berharap aplikasi ini dapat dikembangkan secara berkelanjutan,” katanya .

Edward menuturkan, peningkatan kualitas APBD, serta penjaminan konsistensi dan keterpaduan perencanaan penganggaran yang dilakukan APIP, melalui pelaksanaan reviu dokumen/rencana pembangunan tahunan yaitu RKPD dan Renja SKPD serta reviu dokumen anggaran tahunan daerah yaitu KUA, PPAS dan RKA-SKPD, harus mampu menjamin proses perencanaan penganggaran patuh terhadap kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran. 

“Peran APIP telah mengalami pergeseran paradigma,bergeser menjadi lebih fokus pada unsur pembinaan yang bersifat pencegahan, konsultatif dan penjaminan kualitas pada program-program strategis, yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyimpangan,” tuturnya. 

BACA JUGA:Mantan Plt Sekda Palembang Sebut Surat Peralihan Aset Yayasan Batanghari Sembilan Dipalsukan Pengurus

BACA JUGA:Pj Sekda Pemprov Sumsel Edward Candra Hadiri Penutupan Simulasi Pelatihan Pencegahan Karhutla

Menurut Edward, salah satu tugas Inspektorat adalah untuk melakukan mitigasi potensi risiko perencanaan melalui reviu. 

“Diharapkan melalui Bimbingan Teknis ini, peserta mampu merevisi dokumen RKA dan memastikan dokumen rancangan RKA sesuai kaidah peraturan perundangan dengan penerapan SIPD melalui aplikasi e- reviu, sehingga dapat menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan dan anggaran yang berkualitas,” tandasnya.

Sebelumnya juga diketahui Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Drs. H. Edward Candra.,MH menghadiri kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Balai Besar Laboratorium Kesehatan Masyarakat (BBLKM).

Dalam kata sambutannya, Pj Sekda Edward menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke 51 kepada jajaran pejabat struktural dan fungsional, serta segenap karyawan/karyawati BBLKM Palembang. Ia Pun berharap dan terus mendorong BBLKM PLG semakin maju dan mendapat tempat di masyarakat Indonesia terkhusus wilayah Sumatera Selatan sebagai laboratorium Kesehatan masyarakat yang berkualitas tinggi. 

Kategori :