"Jadi, dari catatan apabila cuaca mendukung, karena kami harus pastikan struktur dari runway ini dalam kondisi yang sangat baik, tidak ada memberikan ruang untuk 'error' sedikitpun," katanya.
BACA JUGA:Transformasi Nusantara: IKN Lahirkan Peta Geostrategi Baru
BACA JUGA:Ribuan Tamu Siap Hadiri Perayaan HUT ke-79 RI di IKN, Pengamanan Diperketat!
Dikatakannya, untuk setiap lapisan infrastruktur tengah diperhitungkan secara matang oleh tim konstruksi agar memastikan kekuatan dari struktur fasilitas itu sendiri.
"Kalau pesan Pak Menteri jangan berikan ruang sedikitpun untuk error, jangan ada margin error, kami harus sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan," ucapnya.
Rachman menyebut, untuk teknis operasional bandara, menjadi tanggung jawab dari Kementerian Perhubungan sebagai operator.
"Kalau operasional bandara, sudah pasti teman-teman perhubungan yang terkait erat operasional bandara nanti, kami siapkan operasional di Kementerian Perhubungan," jelasnya.
BACA JUGA:Bandara VVIP IKN, Gerbang Baru Penerbangan di Ibu Kota Nusantara Siap Beroperasi Agustus
BACA JUGA:12 Tower Apartemen ASN di IKN Rampung, Siap Huni Juli 2024!
Untuk diketahui pada pertengahan Juli 2024 kemarin untuk progres pembangunan Bandara VVIP Ibu kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah mencapai 60 persen.
"Jadi berarti untuk bandara ini sudah bisa digunakan pada Agustus mendatang," ungkap Budi Karya Sumadi saat meresmikan peluncuran Biskita Trans Depok di Stasiun LRT Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2024 lalu.
Terkait hal itu, dikatakannya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam mempersiapkan autonomous rail transit (ART).
Yakni direncanakan tiba pada Juli 2024 sebagai transportasi masa depan untuk IKN.
BACA JUGA:Langkah Nyata Membangun IKN: Para Menteri Mulai Berkantor di Ibu Kota Baru!
Sambung Budi Karya, bahwa semua aspek teknis, termasuk pembangunan marka jalan, telah berjalan dengan baik. Pengerjaan ini dilakukan bersama Kementerian PUPR.