Apa Itu Warisan Raso? Balai Pelestarian Kebudayaan Sumsel Gelar Pameran Makanan Tradisional

Jumat 26-07-2024,18:48 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan akan membuka kembali pameran warisan budaya mulai 3-5 Agustus 2024 di Atrium Opi Mall, Palembang. 

Pameran makanan tradisional merupakan wujud upaya pelestarian warisan budaya yang dimiliki oleh Sumatera Selatan, khususnya warisan budaya yang berkaitan dengan pengetahuan tradisional dalam pengolahan bahan makanan.


Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI, Kristanto Januardi menjelaskan tentang pameran warisan budaya-suci sumeksco -

Menurut Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI, Kristanto Januardi, pameran ini adalah bagian dari upaya pelindungan warisan budaya di Sumatera Selatan.

Jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, pelindungan warisan budaya dapat dilakukan dengan 4 cara, yakni inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi.

BACA JUGA:Pusat Oleh-Oleh Kue Bunda Rayya Palembang, Sediakan Makanan Tradisional Hingga Modern

BACA JUGA:Prodi Ilmu Komunikasi UBD Sukses Adakan Pameran dan Workshop Fotografi Emozen

Khususnya pada tahapan publikasi, diseminasi informasi tentang warisan budaya disebarkan kepada masyarakat luas dilakukan melalui berbagai upaya, salah satunya adalah pameran.

“Pameran warisan raso ini adalah wujud kekayaan pengetahuan tradisional yang dimiliki oleh masyarakat di Sumatera Selatan. Pameran ini tidak hanya sekadar menampilkan kekayaan makanan tradisional secara fisik, melainkan juga sebagai wadah bagi masyarakat di Sumatera Selatan untuk mengenal secara lebih mendalam setiap olahan makanan yang diwarisi secara turun-temurun,” kata Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI, Kristanto Januardi.

Melalui pameran ini, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI mencoba membangkitkan ruang ingatan masa lampau masyarakat di Sumatera Selatan melalui sajian ragam kuliner.

Selain itu, melalui pameran ini diharapkan akan semakin banyak generasi muda yang mengenal olahan makanan tradisional yang dimiliki oleh Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Keripik Kulit Ikan Rafins Snack Go Internasional! Berkat KUR BRI dan Aktif di Pameran

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Kunjungi Stan Sumsel di Pameran Dekranas Solo, Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

“Generasi muda adalah bagian penting dalam upaya pelestarian warisan budaya di Sumatera Selatan. Melalui pameran yang dikemas secara unik dan menarik, diharapkan generasi muda dapat mengenali, memahami, dan turut merawat warisan budaya yang dimiliki oleh Sumatera Selatan, khususnya dibidang kuliner atau makanan tradisional,” ujar Kristanto.

Pameran ini penting untuk dilakukan mengingat Sumatera Selatan adalah daerah yang kaya akan warisan makanan tradisional. Kekayaan itu terus terawat hingga berabad-abad hingga terus dikenal oleh masyarakat saat ini. 

Kategori :