Kemenkumham Dukung Golden Visa: Akses Lebih Mudah untuk Investor Asing

Jumat 26-07-2024,08:08 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rahmat

JAKARTA, SUMEKS.CO - Sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, menghadiri acara Grand Launching Golden Visa, Kamis 25 Juli 2024.

Kehadiran beliau dalam acara ini menandakan pentingnya program ini dalam menarik investasi asing serta mendukung kemajuan ekonomi regional melalui kemudahan perizinan dan fasilitas yang ditawarkan kepada investor asing.

Golden Visa ini mungkin menyediakan berbagai keistimewaan seperti kemudahan dalam proses perizinan, jangka waktu tinggal yang lebih lama, dan akses lebih luas terhadap layanan publik dan bisnis di Indonesia, terutama di Sumatera Selatan.

Acara Grand Launching Golden Visa yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dan berlangsung di Grand Ballroom The Ritz-Carlton, Jakarta, menjadi momen penting yang menggambarkan komitmen Indonesia dalam memperkuat hubungan internasional dan ekonomi.

BACA JUGA:Coklit Selesai, Berapa Jumlah Pemilih di Banyuasin? Cek Datanya di Sini!

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla 2024

Kehadiran para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Duta Besar dari negara-negara sahabat, serta perwakilan dari pengusaha dan investor menunjukkan dukungan luas terhadap program ini.

Program Golden Visa ini bertujuan untuk menarik investasi asing dengan menyediakan kemudahan dan insentif bagi para investor asing, seperti kemudahan dalam mendapatkan izin tinggal dan kemudahan akses ke berbagai layanan publik dan bisnis di Indonesia.

Kegiatan ini juga mencerminkan upaya pemerintah dalam mengoptimalkan potensi ekonomi lokal melalui investasi asing yang dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly dalam sambutannya menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, untuk mengimplementasikan kebijakan selective policy dengan tujuan menyasar good quality travelers, maka dirumuskan suatu kebijakan Keimigrasian yang dipopulerkan dengan nama Golden Visa.

BACA JUGA:Heboh Buaya Muncul di Sungai Musi Gigit Tali Kapal Tongkang, Warga Diminta Waspada

BACA JUGA:Pegi Setiawan Sudah Jadi Artis, Tidak Ketemu KDM? Sudah Lama Deklarasi Timses Dedi Mulyadi, Ada Yang Panas!

“Golden Visa ini merupakan kebijakan adaptif dan responsif dari Kemenkumham khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai jawaban dari inovasi pelayanan publik yg memberikan kemudahan dan memfasilitasi Warga Negara Asing untuk berada dan tinggal di Indonesia,” jelas Yasonna.

Lebih lanjut, Yasonna juga menyampaikan bahwa Golden Visa akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para tokoh dunia, investor internasional, talenta-talenta dunia, serta diaspora Indonesia untuk datang dan berkontribusi membangun Indonesia.

“Implementasi kebijakan tersebut membawa optimisme bagi para pelaku bisnis dan investor untuk mendapatkan kenyamanan dan kepastian berinvestasi. Untuk itu kami mohon bantuan stakeholder terkait, agar implementasi kebijakan ini dapat dilaksanakan secara maksimal,” ujar Yasonna.

Kategori :