Polda Sumsel Miliki APD hingga Perlengkapan Canggih dengan Kekuatan Besar untuk Padamkan Api Karhutla

Kamis 25-07-2024,07:13 WIB
Reporter : edho
Editor : Edward Desmamora

“Kita sudah cek semuanya baik peralatan dan perlengkapan (ADP), ini terkait dengan kesiapan pelatihan besok. Sebanyak 200 personel (termasuk Bintara baru) akan kita bekali pengetahuan dan tehnik memadamkan api karhutla dengan instruktur dari Manggala Agni. Jadi semua personel kita bekali dengan peralatan, ini akan diuji cobakan dalam pelatihan besok,” tuturnya.

Tujuannya adalah personel memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan dan saat nantinya diterjunkan ke lapangan dengan bekal peralatan dan perlengkapan yang memadai.

"Maka tugas akan terlaksana secara maksimal,” lanjutnya.

Kapolda Sumsel menerangkan dalam latihan tersebut tidak hanya diikuti personel Polri saja, sebanyak 50 persoenl TNI juga akan bergabung pelatihan tersebut.

BACA JUGA:Polda Sumsel Siap Bersinergi Lawan Karhutla, Kapolda Minta Warga Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, Polsek Cengal Cek Embung dan Menara Api Perusahaan

Sementara, Kabid Humas Kombes Sunarto mengatakan beberapa daerah saat ini rawan terjadi karhutla, namun petugas dilapangan sudah siaga. 

“Seperti yang belakang ini terjadi karhutla di antaranya di wilayah Ogan Ilir, kemudian Musi Banyuasin dan beberapa daerah lainnya sudah mulai ada titik api. Namun demikian petugas kita siap di lapangan bersama dengan stakeholder lainnya, sejauh ini masih bisa ditangani,”ujarnya.

Dirinya mengimbau masyarakat mematuhi Maklumat Kapolda Sumsel, himbauan agar tidak  membuka lahan secara instan, dengan cara membakar karena berdampak sangat luas.(*)

Kategori :