Kapolres OKI Ajak Kades di Kecamatan SP Padang Aktif Patroli Cegah Karhutla

Rabu 24-07-2024,12:38 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

"Kades juga ada mengadakan rapat mengenai anggaran khusus untuk pengadaan peralatan dan operasional Masyarakat Peduli Api. Karena ini sangat penting," tegasnya. 

BACA JUGA:Upaya Mitigasi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 200 Personel untuk Dilatih Instruktur Manggala Agni

BACA JUGA:Letkol Inf Yontri Bhakti Ajak Perusahaan Agar Saling Bantu Cegah Karhutla di Kabupaten OKI

Masih dikatakan Kapolsek, apabila masyarakat menemukan adanya titik api, agar segera laporkan ke Posko Kecamatan dan lakukan upaya pemadaman dengan peralatan yang tersedia di desa.

Ini dilakukan agar tidak terjadi karhutla yang meluas. "Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa yang telah memasang spanduk/baliho tentang larangan membakar hutan dan lahan "STOP KARHUTLA", " jelas Kapolsek. 

Ditambahkan Kapolsek, dengan adanya rapat koordinasi mengenai pencegahan karhutla, sehingga dapat memperkuat kerjasama dan sinergi antar elemen masyarakat dalam mengantisipasi dan menangani Karhutla di wilayah SP Padang khususnya. 

Diberitakan sebelumnya, terkait karhutla yang sering terjadi di musim kemarau, unsur tripika Kecamatan Sungai Menang siap menghadapi karhutla tahun ini. 

BACA JUGA:Siaga Darurat Karhutla, Kapolda Sumsel Periksa Perlengkapan Peralatan Pemadam Api

BACA JUGA:Antisipasi Karhutla, Polsek Cengal Cek Embung dan Menara Api Perusahaan

Yakni dengan melaksanakan mengecek pasukan dan peralatan atau sarana prasarana penanggulangan dan pencegahan karhutla. 

"Sejumlah peralatan untuk penanggulangan karhutla dan regu pemadam kebakaran pada perusahaan di Kecamatan Sungai Menang kita cek," kata Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk melalui Kapolsek Sungai Menang, Ipda A Adrian Manaji SH. 

Diungkapkan Kapolsek, perusahaan di Kecamatan Sungai Menang cukup banyak. Sehingga dengan adanya pengecekan pasukan yaitu regu pemadam kebakaran dan peralatan jadi bisa benar-benar diketahui kesiapan dalam menghadapi karhutla tahun ini. 

"Pengecekan peralatan dan regu pemadam kita laksanakan Senin 22 Juli 2024 kemarin. Di halaman kantor Camat Sungai Menang," terang Kapolsek, Selasa 23 Juli 2024.

BACA JUGA:Titik Api Karhutla Muncul di Sejumlah Wilayah, Polda Sumsel Gelar Kekuatan Personel dan Perlengkapan

BACA JUGA:MEMBARA! Ini Penampakan Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Satgas Karhutla Terpaksa Lakukan Penyekatan Api

Dijelaskan Kapolsek, pengecekan peralatan dan regu pemadam kemarin itu turut dilakukan oleh Camat Sungai Menang, Hj Eka Mardia ST MM. Danramil Sungai Menang, Kapten Inf Hendro Siswanto. Termasuk dihadiri oleh sejumlah perusahaan di Kecamatan Sungai Menang yang menunjukkan peralatan mereka beserta regu pemadamnya. 

Kategori :