Tripika Sungai Menang OKI Siap Hadapi Karhutla, Gelar Pasukan dan Cek Sapras

Selasa 23-07-2024,11:55 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Edward Desmamora

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Musim kemarau tahun ini telah tiba, dimana pada musim kemarau rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Apalagi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat luas dan terdiri dari 18 kecamatan yang tersebar. Serta banyak terdiri lahan gambut dan hutan semak belukar. Sehingga jelas rawan terjadi karhutla. 

Terkait karhutla yang sering terjadi di musim kemarau, unsur tripika Kecamatan Sungai Menang siap menghadapi karhutla tahun ini. 

Yakni dengan melaksana mengecek pasukan dan peralatan atau sarana prasarana penanggulangan dan pencegahan karhutla. 

BACA JUGA:INFO BMKG, Modifikasi Cuaca untuk Cegah Karhutla di Sumatra dan Kalimantan

BACA JUGA:Polda Sumsel Siap Bersinergi Lawan Karhutla, Kapolda Minta Warga Hentikan Kebiasaan Membakar Lahan

"Sejumlah peralatan untuk penanggulangan karhutla dan regu pemadam kebakaran pada perusahaan di Kecamatan Sungai Menang kita cek," kata Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk melalui Kapolsek Sungai Menang, Ipda A Adrian Manaji SH. 

Diungkapkan Kapolsek, perusahaan di Kecamatan Sungai Menang cukup banyak. Sehingga dengan adanya pengecekan pasukan yaitu regu pemadam kebakaran dan peralatan jadi bisa benar-benar diketahui kesiapan dalam menghadapi karhutla tahun ini. 

"Pengecekan peralatan dan regu pemadam kita laksanakan Senin 22 Juli 2024 kemarin. Di halaman kantor Camat Sungai Menang," terang Kapolsek, Selasa 23 Juli 2024.

Dijelaskan Kapolsek, pengecekan peralatan dan regu pemadam kemarin itu turut dilakukan oleh Camat Sungai Menang, Hj Eka Mardia ST MM. Danramil Sungai Menang, Kapten Inf Hendro Siswanto. Termasuk dihadiri oleh sejumlah perusahaan di Kecamatan Sungai Menang yang menunjukkan peralatan mereka beserta regu pemadamnya. 

BACA JUGA:Upaya Mitigasi Karhutla, Polda Sumsel Siapkan 200 Personel untuk Dilatih Instruktur Manggala Agni

BACA JUGA:Letkol Inf Yontri Bhakti Ajak Perusahaan Agar Saling Bantu Cegah Karhutla di Kabupaten OKI

Termasuk juga dihadiri sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Sungai Menang. 

"Kegiatan yang dilaksanakan adalah merupakan upaya kesiapan dalam menghadapi karhutla. Dan alhamdulillah, hasilnya mereka benar-benar siap," bebernya. 

Kapolsek menegaskan, pihaknya dalam menghadapi karhutla tahun ini, meminta agar camat dan kepala desa segera membuat posko Karhutla di tiap desa.

Kategori :