Waspada, Tren Penipuan WhatsApp Terbaru 2024, Hindari 7 Hal Ini Atau Rekening Bisa Ludes

Minggu 21-07-2024,15:40 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Edward Desmamora

Pelaku memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu, mereka akan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

Wired menyebut, pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat, unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

BACA JUGA:Aksi Penipuan File APK Undangan Tilang Bobol Rekening Kamu Gampang Dicegah, Simak! Ini Tips dari ‘Ogitu Doang’

BACA JUGA:Korban Penipuan Tiket Coldplay Minta Ghisca Debora Aritonang Buka Masker, Rilis Kasus dengan Tangan Terborgol

Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja, seseorang bisa membuatnya bahkan tanpa keahlian khusus.

Meski begitu, sebenarnya ada cara untuk menghindari modus penipuan Quishing.

Yang paling utama pengguna aplikasi WhatsApp jangan percaya kode QR yang dipasang ditempat umum atau diberikan kepada orang yang tidak dikenal.

Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Karena biasanya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya. 

BACA JUGA:IRT di Palembang Jadi Korban Penipuan Penggandaan Uang dengan Modus Hipnotis, Segini Jumlah Kerugiannya

BACA JUGA:Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Bank, Berikut Tips dari Pakar Agar Terhindar

Misalnya dengan menyertakan pernyataan, "Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda".

Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, jangan lupa untuk keluar dari perangkat yang tidak digunakan.

Kategori :