Tingkatkan UMKM Perempuan! Pj Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi Buka Sosialisasi KUR

Sabtu 20-07-2024,07:47 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Wiwik

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebagai bentuk sinergi antara Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian dan DWP Sumsel diselenggarakan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam upaya meningkatkan UMKM Perempuan.

Sosialisasi KUR dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Sumsel Melza Elen Setiadi yang juga sekaligus sebagai Penasihat DWP Sumsel, bertempat di gedung DWP Sumsel Rajawali, Jumat 19 Juli 2024.


Pelaksanaan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam upaya meningkatkan UMKM Perempuan--

"Peran perempuan sudah menjadi kekuatan yang tidak terelakkan dalam ekosistem UMKM. Dalam banyak contoh, UMKM yang dipimpin oleh perempuan punya keunggulan kompetitif," kata Melza.

Untuk itu menurutnya sensitivitas para perempuan ini terhadap pasar dan kemampuan mereka untuk berinovasi sangat besar.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Resmi Lantik Edward Candra Jadi Pj Sekda Sumsel

BACA JUGA:Sempat Tertunda, Kegiatan Eksplorasi PT Pertamina EP Dapat Dukungan Penuh Pj Gubernur Lampung

Kontribusi perempuan dalam perekonomian juga sangat penting dan potensi yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial yang sangat besar.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi perempuan lanjut Melza dalam UMKM adalah akses terhadap modal dan sumber daya keuangan.

Sebagian besar perempuan pelaku UMKM mengalami keterbatasan dalam mengakses pembiayaan yang memadai untuk mengembangkan bisnis.

Oleh karena itu, inisiatif untuk meningkatkan literasi keuangan dan memberikan akses yang lebih mudah ke produk keuangan menjadi krusial dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang dipimpin oleh perempuan.

BACA JUGA:Terima Kunjungan Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Elen Setiadi Paparkan Program Unggulan Pemprov Sumsel

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Mendorong Peningkatan Kinerja Pejabat Pemprov Sumsel

"Melalui pengenalan program akses pembiayaan UMKM perempuan melalui KUR yang akan disampaikan nanti bisa memberikan solusi kepada para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya untuk memperkuat kemampuan permodalan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di Sumsel", tandasnya.

Ketua DWP Kemenko RI Ana Susiwijono mengatakan program KUR adalah program pemerintah untuk memperkuat kemampuan usaha dan pemberdayaan UMKM.

Kategori :