Harga Emas Melonjak Tinggi, Pernikahan di OKI Tetap Ramai: Bukti Cinta Tak Terhalang Emas!

Kamis 18-07-2024,20:07 WIB
Reporter : Niskiah
Editor : Rahmat

"Jadi sebenarnya tidak berpengaruh harga emas mahal, membuat sejumlah pasangan membatalkan nikah. Dimana mas kawin tidak perlu dengan jumlah yang besar," katanya. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Ayu Ting-ting, Berikut Deretan Artis yang Gagal Menikah Usai Tunangan, Amit-amit!

BACA JUGA:Telantarkan Anak Istri hingga Menikahi Janda di Prabumulih, IRT Asal Muara Enim Laporkan Suami ke Polisi

Masih kata dia, mengenai mas kawin atau mahar ini juga bisa dinegosiasikan antara kedua belah pihak. Sehingga tidak menjadi keberatan pihak mempelai laki-laki. 

Ditambahkan Dumiyati, sekarang ini masyarakat atau pasangan yang akan menikah telah sepakat mengenai mas kawin agar tidak keberatan. Sehingga pernikahan bila berlangsung. 

Untuk diketahui pasangan yang menikah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) setiap tahun selalu tinggi, yakni mencapai 6.000 pasang hingga lebih.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKI, H Syarip SAg melalui Kasi Bimas Islam, H Ismid SAg menjelaskan, dari bulan Januari 2023 hingga Juni 2023 sebanyak 2.320 pasangan yang melangsungkan pernikahan tersebar di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten OKI. 

BACA JUGA:Anak Pertama Ratu Dewa Menikah, Ini Wejangan yang Bikin Ribuan Tamu Tersentuh

BACA JUGA:Deretan Publik Figur yang Menikah di Tanggal Cantik 77, Siapa Saja?

"Jumlah warga OKI yang menikah tercatat di Kantor Kemenag kita sebanyak 2.320 pasang hingga Juni kemarin," ujarnya. 

Ismid menyebut, dari jumlah pasang yang tercatat melangsungkan pernikahan ini terbanyak dilaksanakan di awal tahun yakni Januari, Maret dan yang paling tinggi di bulan Mei hingga Juni. 

"Peristiwa nikah banyak dilaksanakan oleh masyarakat setelah Hari Raya Idul Fitri yakni di bulan Mei kemarin. Alasannya bagi masyarakat merupakan bulan yang baik," terang Ismid. 

Pada Januari 2023 tercatat sebanyak 547 pasangan yang melangsungkan pernikahan, bulan Maret 2023 sebanyak 330 pasang, bulan April 2023 sebanyak 330 pasang, bulan Mei 2023 sebanyak 601 dan pada bulan Juni 2023 sebanyak 302 pasang yang menikah.

BACA JUGA:Mantan Suami Ayu Ting Ting Sudah Punya Feeling Pernikahan Tak Berlanjut, Pasalnya Ini!

BACA JUGA:Ribuan Tamu dan Pejabat Sumsel Hadiri Undangan Pernikahan Anak Pertama Ratu Dewa, Ada Ucapan dari Wapres RI

"Masyarakat kita dalam melangsungkan pernikahan menganut istilah hari baik yaitu seperti habis lebaran merupakan hari baik. Oleh karena itu banyak yang melangsungkan pernikahan," jelasnya. 

Kategori :