Masya Allah, Kiswah Baru Hiasi Ka'bah di Tahun Baru Hijriah 1446

Senin 08-07-2024,14:23 WIB
Reporter : Mia
Editor : Rahmat

Masya Allah, Kiswah Baru Hiasi Ka'bah di Tahun Baru Hijriah 1446 (1 muharam)

Makkah, Arab Saudi, sumeks.co- Viral penggantian kiswah Ka'bah Masjidil Haram. Penggantian ini banyak diposting jemaah haji yang kebetulan berada di Masjidil Haram.

Bahkan fans imam besar Masjidil Haram Shaykh Abdul Rahman Al Sudais  memposting di akun @Shaykh_Sudais Pada Ahad, 7 Juli 2024 (1 Muharam). Ka;bah Kiswah Changing Ceremony 2024/1446 H.

Ratusan komentar membanjiri postingan akun  @Shaykh_Sudais tersebut

Di antaranya, dari @dailyyahdi: undangan hambamu ya Allah ke Baitullah. Ada lagi koemntar dari @Rozali:Masya Allah, Tabarokallah, Allahu Akbar. 

Lain lagi komentar, dari @yasin2, Masya Allah aku berharap sehelai pakaian ka'bah suci ini (Kiswah). Komentar juga datang dari @tarmizi: Ya Allah mudahkanlah kami untuk mengunjungi dua masjid suci. (Alluhumma Sahilna ziyarotal haromain).

BACA JUGA:Kapan Kiswah Kabah Diganti ?

BACA JUGA:Jemaah Haji Tak Pernah ke Masjidil Haram Tetap Bisa Berdoa di Depan Ka'bah, PPIH Siap Bantu!

Jurnalis sumeks.co sendiri pernah menyaksikan proses penggantian kiswah. Jutaan jemaah haji larut dalam haru dan doa mengabadikan momen tersebut.

Ya, Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjid Agung Masjidil Haram dan Masjid Nabawi melaksanakan tradisi tahunan pergantian kiswah Ka'bah di momen tahun baru hijriah 1446. 

Pergantian kiswah yang dilakukan oleh tim dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci ini juga dilaporkan oleh kantor berita Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

Proses pengantian kiswah dijaga ketat oleh laskar atau tentara Arab Saudi. Jemaah yang bertawaf di dekat ka;bah berhenti di luar area penjagaan. 

Ya, Kiswah adalah kain hitam megah yang menutupi Ka'bah di Makkah, simbol paling sakral bagi umat Islam. 

Tradisi pergantian kiswah dilakukan setiap tahun pada tanggal 1 Muharram, meskipun pada umumnya juga dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah saat jamaah haji menuju Arafah. 

Kata "kiswah" dalam bahasa Arab berarti 'selubung' dan memiliki akar kata yang sama dengan "kisui" dalam bahasa Ibrani.

Kategori :