Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan social media 15 persen.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen.
Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 59 persen.
BACA JUGA:Fokus Akselerasi Bisnis FMC, XL Axiata Pertahankan Momentum Pertumbuhan Kinerja
BACA JUGA:New XL7 Hybird: Tawarkan Fitur-Fitur Unggulan Performa Semakin Tangguh di Semua Medan
Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik X meningkat 25 persen dan Meta (Facebook) 15 persen, web browsing naik 20 persen dan belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 650 persen.
Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 154% dibanding hari normal.
Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di :
1. Provinsi Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 32 persen
2. Provinsi Nusa Tenggara Barat, 21 persen
3. Provinsi Lampung, 19 persen
BACA JUGA:Alhamdulillah! Dampak Kabut Asap di Sumsel dan Jambi, XL Axiata Kirim Paket Bantuan untuk Warga
4. Provinsi Sumatera Barat, 17 persen
5. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 16 persen
6. Provinsi Jawa Timur, 15 persen