Jangan Dzalim Sama Badan Ya, Ini 4 Hal Menurut Ibnul Qayyim Dapat Merusak

Jumat 26-01-2024,16:56 WIB
Reporter : Ernanda Evana
Editor : Rappi

BACA JUGA:Baca 100x Tiap Hari Surah Al Kautsar, Seluruh Hajat Akan Dikabulkan Allah SWT dan Keinginan Pasti Tercapai

Para sahabat bahkan sampai kesulitan menghibur Rasulullah SAW hingga Allah turunkan perjalankan Nabi SAW dalam isra’ mi’raj. 

Peristiwa isra’ mi’raj ini menjadi salah satu peristiwa penghibur bagi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang tengah berduka.

2. Sedih 

Perasaan sedih kurang lebih mirip seperti perasaan duka, namun secara maknawi level duka cenderung lebih dalam perasaannya dari perasaan sedih. 

BACA JUGA:Bersuci Pakai Debu? Ketahui Rukun dan Sunnah Tayamum Biar Ibadah Gak Sia-sia

Salah satu kalimat “La Tahzan” adalah pengingat yang kuat bagi umat islam untuk beriman dan bertawakkal kepada Allah SWT. 

Kalimat ini juga menjadi pengingat untuk tetap sabar dan tabah dalam menghadapi masa sulit dan tetap percaya pada rencana baik Allah SWT. 

Kalimat ini tertera dalam QS. At-Taubah : 40 yang artinya : “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.”

Ayat ini menjadi salah satu ayat penenang dan penghibur agar tetap tenang tidak peduli sebesar apapun masalah yang dihadapi oleh seorang muslim.

BACA JUGA:3 Kali Tinggalkan Salat Jumat Kafir? Hanya Golongan Ini Boleh Meninggalkannya, Simak Penjelasan Buya Yahya

Mengingat hal ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam haditsnya yang dapat dijadikan do’a untuk berlindung dari rasa sedih. 

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan rasa sedih...” HR. Bukhari dan Muslim.

Isi kandungan dari surat At-Taubah : 40 menyinggung kisah Rasulullah SAW dan Abu Bakar yang kabur dari kejaran kaum kafir Quraisy.

Saat itu Abu Bakar merasa ketakutan dan khawatir Nabi SAW akan dibunuh oleh musuh sehingga Nabi SAW mengingatkan mengenai ayat ini kepada Abu Bakar. 

BACA JUGA:Tanda Kiamat Sudah Dekat, Banyak Mata Air Keluar di Arab Saudi! Padang Pasir Berubah Jadi Sungai?

Kategori :