3 Kali Tinggalkan Salat Jumat Kafir? Hanya Golongan Ini Boleh Meninggalkannya, Simak Penjelasan Buya Yahya

3 Kali Tinggalkan Salat Jumat Kafir? Hanya Golongan Ini Boleh Meninggalkannya, Simak Penjelasan Buya Yahya

Ada yang menyebutkan seorang muslim tiga kali berturut-turut meninggalkan Shalat Jumat dikatakan kafir atau keluar Islam.--

SUMEKS.CO - Bukan kabar baru jika ada yang menyebutkan seorang muslim tiga kali berturut-turut meninggalkan Salat Jumat dikatakan kafir atau keluar Islam. 

Namun informasi itu tidak memiliki penjelasan yang jelas, yang membuat banyak kaum muslimin ragu akan kebenarannya. 

Dalam sebuah video di media sosial, Prof KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya menjelaskan informasi simpang siur itu. 

Ia menjelaskan, ada dua macam orang meninggalkan Shalat Jumat, yang meyakini bahwa Salat Jumat tidak wajib baginya.

BACA JUGA:Doa Agar Anak Cerdas Dunia dan Akhirat, Berguna Bagi Orang Banyak, Baca Setiap Selesai Salat Wajib

"Tanpa ada udzur, lalu ia mengatakan memang Salat Jumat tidak wajib, maka Ia murtad atau kafir keluar dari Islam," tegas Buya Yahya. 

Tetapi, kata Buya Yahya, yang meninggalkan Salat Jumat, Ia masih meyakini Shalat Jumat merupakan kewajiban, maka Ia tidak dikatakan kafir. 

Dalam jumhur ulama, mazhab Imam Safi'i, mazhab Imam Hanafi, mazhab Imam Malik, kecuali mazhab Imam Ahmad bin Hamdal yang meninggalkan salat karena malas-malasan dianggap kafir. 

"Menurut jumhur ulama, selagi dia meyakini salat itu wajib, tidak dikatakan kafir. 3 jumat, 4 jumat, 5 jumat sama, selagi dia masih meyakini itu wajib, tidak kafir, tapi dosanya besar," kata Buya Yahya.

BACA JUGA:9 Tips dan Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dalam Waktu Singkat, Sekali Baca Bisa Hafal Seumur Hidup

Buya Yahya mengatakan, ada sebuah riwayat yang menyebut barang siapa yang meninggalkan 3 jumat berturut-turut, Allah SWT stempel tutup hatinya. 

"Makanya kalau orang sering meninggalkan salat jumat itu menjadi sebab hatinya gelap, susah menerima hidayah. Diingatkan sama istri, cemberut," ujar Buya Yahya. 

Buya Yahya juga menjelaskan mereka yang tidak diwajibkan melaksanakan salat Jumat juga ada. 

Bahkan, Buya Yahya sendiri sempat bertemu dengan orang yang tidak diwajibkan melaksanakan Shalat Jumat ini, tapi Ia merasa dia selalu meninggalkan Salat Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: