Benarkah Minyak Kayu Putih Bisa Bikin Irit BBM Motor? Simak Penjelasan Ahli Berikut Ini

Selasa 21-11-2023,03:34 WIB
Reporter : Fadly
Editor : Zeri

SUMEKS.CO - Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terutama BBM untuk kendaraan bermotor membuat sebagian masyarakat harus memutar otak, guna mencari solusi agar bisa mengirit bahan bakar kendaraan.

Salah satunya yakni seperti video yang diunggah akun @yourhealthcare2, mencampurkan satu botol minyak kayu putih kedalam bahan bakar jenis pertalite.

Adapun tujuan pencampuran minyak kayu putih kedalam pertalite, menurut unggahan video bisa meningkatkan kadar oktan setara dengan Pertamax.

Selain itu, dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih kedalam pertalite diklaim mampu mengirit bahan bakar, benarkah?.

BACA JUGA:Jangan Sampai Mobil Mogok di Jalan, Yuk Lakukan Perawatan Filter Bensin Secara Rutin

Menurut narasi dalam video, energi kalor yang tinggi pada kandungan minyak kayu putih, serta ditunjang kandungan senyawa hidrokarbon dan oksigenat dipercaya bisa meningkatkan oktan dari Pertalite setara Pertamax.

"Jadi info itu tidak hoax ya, bisa dicoba dimotor kalian dan rasakan manfaatnya," kata narasi video.

Unggahan video tentang pertalite dicampur minyak kayu putih tersebut ternyata cukup menarik warganet, karena ditonton sebanyak 1,2 juta tayangan.

Namun apakah benar dengan mencampur minyak kayu putih bisa meningkatkan kadar oktan Pertalite, serta dapat menghemat BBM, dan berbahayakah untuk mesin?

BACA JUGA:5 Cara Akurat Mengetahui Oli Palsu, 2 Sampai 5 Tertera Jelas Pada Kemasan

Menjawab hal itu, dihimpun dari berbagai sumber Senin 20 November 2023, Prof Yuswidjajanto Zaenur seorang ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menjelaskan itu semua.

Menurut Prof Yus, campuran kayu putih kedalam Pertalite sebagai zat adiktif ternyata memiliki efek negatif.

Dikatakannya, memang sudah lama kandungan senyawa dalam minyak kayu putih diisukan bisa meningkatkan oktan dan bikin irit.

Namun, menurutnya karakter dari cairan minyak kayu putih yang kesat dikhawatirkan bisa mengganggu pelumasan atau lubrikasi mesin dan bahan bakar.

BACA JUGA:7 CDI Terbaik, Bikin Sepeda Motor Seperti Jet Darat, Nomor 1 Jadi Buruan Mekanik

Kategori :