Herman Deru Lakukan Peninjauan Asap Dengan BNPB RI, Pertajam Penanganan Karhutla di Sumsel

Selasa 12-09-2023,18:56 WIB
Reporter : Suci Harahap
Editor : Rappi Darmawan

"Karhutla ini tidak pernah terjadi di lahan yang dikelola melainkan di lahan terbengkalai, kita harus cari tahu apakah memang lahan itu dibengkalaikan atau memang tidak ada pemilik," kata Herman Deru.

Lebih lanjut Gubernur Sumsel ini menuturkan bahwa setiap tahun Sumsel selalu siaga dalam penanganan Karhutla. 

"Kita selalu aktif melakukan pemadaman titik api di Sumsel dengan waterbombing dan mengaktivasi TMC agar terjadi hujan," terangnya.

Selain itu langkah lain yang dilakukan adalah dengan memonitor Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

BACA JUGA:Dampak Karhutla Kabut Asap Melanda, Dinkes OKI Bagikan Masker Kepada Masyarakat

"Kita selalu memantau kondisi udara di Sumsel ini melalui ISPU. Saat ini, kondisi ISPU fluktuatif," tuturnya.

Ditempat yang sama, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika mengatakan, sedikitnya ada 9500 pasukan diturunkan dalam penanganan karhutla di Sumsel.

"Penanganan ini juga didukung oleh pesawat maupun helikopter waterbombing," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, BNPB RI juga memberikan bantuan dana siap pakai penanganan karhutla di Sumsel senilai Rp4,5 milyar dan bantuan peralatan seperti APD, pompa jinjing, selang, pompa apung, nozel, tenda posko, dan velbet.

BACA JUGA:Kabut Asap Mulai Muncul di PALI, 66 Hotspot Sudah Terpantau, Terbanyak di Talang Ubi

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI (BNPB) Letjend TNI Suharyanto, S. Sos., M.M. sudah melakukan peninjauan sejumlah lokasi  titik fire spot tepatnya di Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dari jalur udara.

Sesaat sebelum terbang dari Lanud Srimulyono Herlambang Talang Betutu Palembang sekitar pukul 09. 30 Wib Herman Deru  menegaskan berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Lampam Kabupaten OKI yang terpantau ada  titik api.

"Masyarakat Sumatera Selatan, saya hari ini bersama Kepala BNPB RI Bapak Suharyanto, pagi ini akan meninjau fire spot yang ada dibeberapa titik api yakni di OKI," kata Herman Deru.

Menurutnya peninjauan merupakan bentuk upaya serius Pemerintah dalam penanggulangan kabut asap di Kota Palembang dan sejumlah tempat lainnya akibat karhutla.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di Sisi Tol Palindra Meluas Hingga Malam, Bupati dan Kapolres Ogan Ilir Tinjau Langsung Lokasi

"Titik yang terbawa angin yang asapnya menuju Kota Palembang hari ini akan kita tinjau langsung proses pemadamannya doakan hari ini sukses pemadamannya," harapnya.

Kategori :