PALEMBANG, SUMEKS.CO - Suzuki pernah merilis skutik gemuk dengan penampilan yang unik, mirip dengan jetski dan diberi nama Suzuki Gemma 250.
Skutik Suzuki Gemma 250 ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 2008, setelah sebelumnya menjadi sebuah produk konsep.
Menurut informasi dari suzuki.co.jp, Suzuki Gemma 250 dikembangkan dengan konsep skutik perkotaan bergaya low rider yang tampil futuristik.
Itu sebabnya Suzuki Gemma 250 memiliki desain aerodinamis yang mencolok di seluruh bodinya untuk memberikan kesan motor masa depan.
BACA JUGA:Motor Suzuki Pamerkan Keunggulan Rangka eSAF, Siap Saingi Rivalnya
Selain itu, Suzuki Gemma 250 juga menawarkan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya dengan jok yang dirancang untuk dua orang.
Ruang kaki yang sangat luas juga memungkinkan pengendara untuk merasa santai saat berkendara di dalam kota atau saat melakukan perjalanan touring.
Uniknya, knalpot dan CVT Suzuki Gemma memiliki desain yang berbeda dari yang lazim karena menyatu dengan lekukan bodi, hampir menutupi roda belakang.
Mengenai spesifikasi, Suzuki Gemma 250 dibekali dengan mesin DOHC berkapasitas 249 cc yang memiliki 4 katup, didukung oleh sistem pendingin cairan dengan tenaga sebesar 21,6 dk pada 7.500 rpm dan torsi 22 Nm pada 5.500 rpm.
BACA JUGA:Suzuki Keluarkan Skutik Baru, Bobotnya Ringan dan Irit BBM
Dalam perbandingan dengan skutik 250 cc lainnya seperti Yamaha XMAX, Suzuki Gemma 250 memiliki performa yang serupa dengan tenaga 22,5 dk pada 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm pada 5.500 rpm.
Dari segi dimensi, Suzuki Gemma 250 memiliki panjang 2.280 mm atau setara dengan 2,2 meter, lebar 810 mm, dan tinggi 1.085 mm.
Sementara itu, rem cakram terpasang di bagian depan dan belakang, dengan pelek cast wheel berdiameter 14 inci untuk roda depan dan 13 inci untuk roda belakang.
Untuk mengimbangi tubuhnya yang besar, ban depan Suzuki Gemma 250 memiliki ukuran 120/80-14, sementara ban belakangnya berukuran 150/70-13.
BACA JUGA:Bersaing dengan Honda BeAT 150, Suzuki Nex Il Tampil Keren Cuma Rp19 Jutaan
Suzuki Gemma 250 juga diklaim mampu memberikan kenyamanan untuk pengendara maupun pembonceng dengan jok yang dirancang untuk diduduki 2 orang.
Terlebih ruang kakinya juga sangat panjang, sehingga pengendara bisa rileks ketika berkendara dalan kota maupun touring.
Bukan itu saja, di bagian jok pembonceng juga disediakan sandaran untuk menambah aspek kenyamanan.
Yang menarik adalah knalpot dan CVT Suzuki Gemma 250 mempunyai desain antimainstream lantaran dibuat menyatu dengan lekukan bodi, sehingga terkesan menutupi roda belakang.
BACA JUGA: Segera Hadir di Indonesia, Suzuki Let 110 Memiliki Tampilan Serupa Honda BaAT Tapi Lebih Irit
Spesifikasinya sendiri, Suzuki Gemma 250 mengusung mesin DOHC 249 cc 4 katup dengan pendingin cairan bertenaga 21,6 dk dan torsi puncak 22 Nm.
Jika dibandingkan, di atas kertas performanya mirip seperti skutik 250 cc baru macam Yamaha XMax yang mempunyai tenaga 22,5 dk dan torsi 24,3 Nm.
Bagian kaki-kakinya tersemat rem depan dan belakang cakram serta velg cash wheel berdiameter 14 inci di bagian depan dan 13 inci di bagian belakangnya.
BACA JUGA:Suzuki Kenalkan Dunia Otomotif Ke Siswa Sekolah
Untuk mengimbangi bodinya yang gambot, ban depan Suzuki Gemma 250 menggunakan ukuran 120/80 dan ban belakang ukuran 150/70.lk.(*)