Kapolda Sumsel Apresiasi Kesiapan Perusahaan di OKI Hadapi Musim Kemarau Cegah Karhutla

Kapolda Sumsel Apresiasi Kesiapan Perusahaan di OKI Hadapi Musim Kemarau Cegah Karhutla

Rapat koordinasi pecegahan karhutla, di Ruang Rapat Bende Seguguk 1 Pemkab OKI--

Kapolda Sumsel Apresiasi Kesiapan Perusahaan di OKI Hadapi Musim Kemarau Cegah Karhutla

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mengapresiasi semua perusahaan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) atas kesiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menghadapi musim kemarau tahun 2023 ini. 

Hal ini disampaikan Kapolda dalam rapat koordinasi pecegahan karhutla, di Ruang Rapat Bende Seguguk 1 Pemkab OKI, Rabu 31 Mei 2023.

"Perusahaan siap dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. Perusahaan juga siap memadamkan api bila terjadi karhutla di luar perusahaannya," kata Kapolda. 

Kapolda menyampaikan, perusahaan bersama sama mencegah api dan bersama sama juga memadamkan api bila terjadi. 

BACA JUGA:Hakim Kabulkan Gugatan, Pemilik Sertifikat Tanah-Bangunan yang Dijadikan Jaminan Utang Menangis Haru

"Kita bersama sama antisipasi kebakaran lahan yang tidak ada pemiliknya," ucapnya. 

Dalam kegiatan itu, perusahaan di Kabupaten OKI yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, karet dan sebagainya memaparkan kesiapan mereka dalam pencegahan karhutla. 

Seperti perusahaan PT Sampoerna Agro tbk yang memiliki beberapa anak perusahaan di Kabupaten OKI yang tersebar di beberapa Kecamatan memaparkan, pihaknya memiliki sumber daya manusia (SDM) khusus dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran bila terjadi. 

"Perusahaan kami dalam pengendalian karhutla melakukan pemanfaatan embung embung yang tersebar di areal perkebunan bila terjadi kebakaran," ungkapnya GM Area I PT  Sampoerna Agro, Fencentius Sinaga. 

BACA JUGA:Motif Dendam Lama, 3 Remaja di Palembang Keroyok Ariansyah hingga Meninggal

Dia menerangkan, dimana perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan bila terjadi kebakaran juga telah menyiapkan sumur bor sumur yang tersebar. Dimama sumur bor ini dimanfaatkan sebagai sumber air teruatama di musim kemarau. 

"Kami juga adanya skat kanal untuk ketersediaan air. Termasuk ada posko karhutla serta tim pemadaman bersama alat transportasinya," jelasnya dalam rakor. 

Lanjut dia, selain memiliki personil khusus pencegahan dan penanggulangan karhutla di perusahaan, pihaknya juga berdayakan dan membina masyarakat sekitar perusahaan dalam pencegahan karhutla yakni masyarakat peduli api (MPA). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: