Sepekan Jelang Ramadhan Harga Sembako di Kabupaten Ogan Komering Ilir Merangkak Naik

Sepekan Jelang Ramadhan Harga Sembako di Kabupaten Ogan Komering Ilir Merangkak Naik

Pedagang sembako di Pasar Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir.-Niskiah-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Bulan Ramadhan atau puasa bagi umat muslim, masih sepekan lebih. Tetapi harga kebutuhan pokok atau sembako di Kabupaten Ogan Komering Ilir, mulai merangkak naik. 

Salah satu pedagang Sembako di Pasar Kayuagung, Rina mengatakan untuk Sembako yang telah mengalami kenaikan adalah minyak goreng curah dan minyak goreng subsidi merek KITA. 

"Minyak goreng curah dijual Rp 16.000 - Rp 17.000/Kg sebelumnya dijual Rp 15.000/Kg. Untuk hari ini stoknya habis, kemungkinan masuk nanti harganya naik lagi," jelas Rina, saat dibincangi Senin 13 Maret 2023.

Rina mengungkapkan, stok minyak goreng curah ini naik sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan mereka KITA telah kosong sejak seminggu terakhir. 

BACA JUGA:Libatkan 900 Petugas, BPS OKI akan Melakukan Sensus Pertanian

Mengenai harganya minyak goreng KITA ini dijual Rp 16.000/liternya. Tetapi untuk stoknya sudah kosong seminggu belakangan ini. 

"Jadi karena kosongnya pasokan migor khusus curah dan yang disubsidi pemerintah. Maka segera pesan ke agen," katanya. 

Rina menjelaskan, untuk stok migor yang baru harganya sudah naik maka nanti menjualnya menurut harga modal. Sebenarnya untuk kenaikan harga sembako setiap jelang puasa sudah biasa terjadi. 

Sambungnya, dengan alasan banyak permintaannya. Selain minyak goreng curah dan kemasan yang bersubsidi naik, sembako jenis lainnya juga naik yakni telur ayam. 

BACA JUGA:120 Hektar Lahan di Desa Sungai Menang OKI Ditanami Sawit, Pemilik Tuntut PT LKI Ganti Rugi

"Telur ayam dijual Rp 27.000/Kg, sebelum naik dijual Rp 25.000 - Rp 26.000/Kg. Harga seminggu lalu dijual Rp 25.000/Kg," terangnya. 

"Tiga hari kemarin telur ayam dijual Rp 26.000/Kg dan hari ini sudah dijual Rp 27.000/Kg. Kalau untuk stoknya banyak dan berasal dari Palembang," bebernya. 

Masih kata dia, mendekati puasa nanti harga sembako ini naik berkisar dari Rp 1.000 hingga lebih. Untuk pembeli juga saat ini tidak begitu ramai. 

"Setiap jelang puasa harga sembako pasti naik dengan alasan banyak permintaan dibandingkan hari biasa," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, Alamsyah melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, M Iqbal Rasyid SP MM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: