Hari Pahlawan, Walikota Pagaralam Beri Penghargaan Kepada Relawan Pencarian Korban Hanyut di Sungai Endikat

Hari Pahlawan, Walikota Pagaralam Beri Penghargaan Kepada Relawan Pencarian Korban Hanyut di Sungai Endikat

Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni memberikan piagam penghargaan kepada perwakilan relawan sar usai Upacara Hari Pahlawan, Kamis 10 November 2022.-Foto: dok/sumeks.co-

PAGARALAM, SUMEKS.COWalikota Pagaralam Alpian Maskoni SH, memberikan penghargaan kepada semua relawan yang membantu pencarian korban hanyut di Sungai Endikat beberapa waktu lalu. Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan momen Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 di Kota Pagaralam. Para relawan ini dinilai sebagai pahlawan di era kemerdekaan. 

Pemberian penghargaan secara simbolis diberikan Walikota yang akrab disapa Kak Pian ini usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022, di halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Pagaralam, Kamis 10 November 2022. Upacara diikuti Perwakilan Forkopimda Pagaralam, Unsur TNI/Polri, Asisten dan Staf Ahli, Seluruh Kepala OPD, Organisasi Kepemudaan dan Pelajar Kota Pagaralam.

Selain kepada Relawan Pencarian Korban hanyut di Sungai Endikat, Kak Pian juga memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada perwakilan penerima penghargaan. Diantaranya Sekretaris Dinas DPPKBPPPA Has Monalisa, Analis Pengawas Intern Inspektorat Kasmadi dan Lurah Nendagung Heriansyah.

BACA JUGA:JCH Palembang Batal Berangkat, Pemerintah Kembalikan ONH Penuh

Menurut Kak Pian, Peringatan Hari Pahlawan yang mengangkat tema, 'Pahlawanku Teladanku' adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dimasa lalu. Serta diharapkan nilai-nilai perjuangan bukan hanya dikenang, melainkan dijadikan untuk membangun kesadaran masyarakat supaya meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan dalam kehidupan sehari-hari.

Dirinya secara pribadi mengucapkam terima kasih kepada seluruh tim relawan yang tergabung dalam TAGANA SAR, BPBD, DINSOS dan masyarakat umum serta keluarga yang ikut membantu melakukan pencarian dan evakuasi tehadap 2 korban hanyut di Sungai Endikat beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Ari Alpandi (36), seorang relawan dilaporkan hilang terseret arus Sungai Endikat Kota Pagaralam, saat melakukan pencarian Fahrudin (58), korban hanyut di sungai itu, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Korban hanyut ketika sedang menyeberangi sungai saat sedang melakukan pencarian bersama tim sar. Nahas Ari Alpandi yang menolong korban, malah terseret arus. 

Pencarian korban Ari Alpandi saat itu diperluas hingga ke Desa Pagarbatu, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, dimana tim gabungan tersebut masih menunggu dan mencari keberadaan relawan dimaksud.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: