FSPTSI Sumsel Dukung Sumsel Zero ODOL 2023

FSPTSI Sumsel Dukung Sumsel Zero ODOL 2023

--

SUMEKS.CO, PALEMBANG - Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) mendukung mewujudkan Sumsel zero Over Dimension Over Loading (ODOL) pada 2023.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) Sumsel, Sudirman Hamidi ketika diwawancarai di Kantor Wali Kota Palembang, Sabtu (6/8).

"Sebab aktivitas kendaraan truk angkutan barang kelebihan dimensi dan muatan atau ODOL diresahkan masyarakat, terbukti banyak sekali memakan korban," ungkapnya.

Hamidi mengatakan bahwa aktivitas truk ODOL selain mengancam keselamatan pengguna jalan lainnya, juga membebani anggaran perbaikan jalan dan jembatan.

BACA JUGA:Angkutan Barang Melanggar ODOL, Masuk Ranah Pidana

"kendaraan truk ODOL harus dihentikan, karena pemerintah mengalami kerugian lebih dari Rp43 triliun per tahun," katanya.

Dijelaskan, besarnya nilai kerugian itu merupakan kalkulasi secara nasional atas anggaran yang dihabiskan pemerintah untuk memperbaiki jalan dan jembatan yang rusak karena dilintasi kendaraan truk ODOL, termasuk di Sumsel.

"Alangkah baiknya transportasi laut seperti zaman dulu yang diutamakan dan dihidupkan kembali, jadi ekonomi pun turut hidup seperti di pesisir laut, kami sangat mendukung itu karena juga tidak menyerap banyak tenaga kerja," jelasnya.

Dia menambahkan langkah FSPTSI Sumsel saat ini dalam proses Sumsel Zero ODOL yakni sedang tahapan konsolidasi.

BACA JUGA:Sebabkan Jalan Tol Rusak, Polres Ogan Ilir Ingin Pasang Sensor untuk Truk ODOL

"Jadi yang kita lihat bersama banyak keuntungannya atau kerugiannya, jadi itu yang sedang disosialisasikan pimpinan pusat ke pemerintah pusat mengenai dampak dari ODOL," tukasnya.(mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: