Ayo Cek, Siap-siap Ini Peringatan Dini BMKG di Beberapa Wilayah Sumsel

Ayo Cek, Siap-siap Ini Peringatan Dini BMKG di Beberapa Wilayah Sumsel

Meski mulai diguyur hujan tetap Waspada Karhutla, tampak petugas memadamkan karhutla dj wilayah Talang Kelapa Banyuasin--

Ayo Cek, Siap-siap Ini Peringatan Dini BMKG di Beberapa Wilayah Sumsel

Sumeks.co,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait kondisi cuaca ekstrem yang akan melanda beberapa wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) pada hari ini, 10 September 2024.

 Masyarakat di beberapa kabupaten/kota diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

Ya hususnya di Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Kota Lubuklinggau.

BMKG menyebutkan bahwa cuaca ekstrem ini dipicu oleh adanya fenomena atmosfer yang memicu terbentuknya awan-awan konvektif.

Hasilnua dapat menimbulkan hujan dengan intensitas tinggi dan disertai kilat serta angin kencang. 

BACA JUGA:Waspada, Palembang Diterpa Cuaca Ekstrem Dari Udara Kabur Pagi Hari hingga Hujan Petir Sore Ini

BACA JUGA:PT TeL Bantu Masyarakat Desa Sekitar dengan Distribusi Air Bersih Selama Musim Kemarau

Wilayah-wilayah ini memiliki potensi yang cukup besar untuk mengalami kondisi cuaca ekstrem dalam 24 jam ke depan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu memperbarui informasi cuaca dan berhati-hati terhadap dampak buruk yang mungkin terjadi," ujar Wandayantolis, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumatera Selatan, pada Senin 9 September 2024

Hujan Lokal di Palembang

Sementara itu, setelah beberapa pekan tanpa hujan, Kota Palembang akhirnya diguyur hujan pada Senin 9 September 2024 siang hingga sore hari. 

Hujan yang turun di ibu kota provinsi ini memberikan sedikit kelegaan bagi masyarakat yang selama beberapa pekan terakhir mengalami suhu panas akibat musim kemarau. 

Meski demikian, Wandayantolis menegaskan bahwa hujan yang terjadi di Palembang dan beberapa wilayah Sumsel lainnya masih bersifat lokal dan belum menandai dimulainya musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: