Terjadi Kemacetan dan Kepadatan Arus saat Uji Coba Contraflow, Kasat Lantas Palembang Ungkap Penyebabnya

Terjadi Kemacetan dan Kepadatan Arus saat Uji Coba Contraflow, Kasat Lantas Palembang Ungkap Penyebabnya

Uji Coba sistem contraflow di Jalan Kolonel H Barlian dan Sudirman pagi tadi membuat arus tersendat dan beberapa titik kemacetan.-Foto: edho/sumeks.co -

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Yenni Diarty mengakui ada beberapa titik terjadi kemacetan dan kepadatan arus yang diakibatkan uji coba sistem contraflow, Senin 22 Juli 2024 pagi.

Menurutnya, kurang lebih mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 07.30 WIB Satlantas Polrestabes Palembang bergabung dengan Dishub Palembang mencoba melakukan uji coba sistem contraflow.

"Benar, kita melakukan uji coba contraflow dari putaran RS Siti Fatimah sampai dengan pintu masuk Korem 044/Gapo, untuk faktanya di lapangan cukup terjadi kepadatan kendaraan dikarenakan adanya suatu penyesuaian dari kendaraan-kendaraan yang khususnya dari arah Km 12 mengarah ke pusat Kota Palembang," jelasnya.

Disampaikannya, berdasarkan pengamatan dan implementasi tadi di lapangan memang terjadi kepadatan khususnya karena pengalihan arus putaran balik dari arah Polda Sumsel menuju ke Sinar Mas dikarenakan tidak bisa putar balik di RS Siti Fatimah.

BACA JUGA:Uji Coba Sistem Contraflow Jalan Kolonel H Barlian-Sudirman Dinilai Gagal, Wong Palembang Minta Solusi Lain

BACA JUGA:Usai Contraflow Tambah Bikin Macet, PJ Wako Palembang: Evaluasi dan Kaji Ulang!

Oleh karena itu, lanjutnya diarahkan putar balik di Punti Kayu dan itupun terjadi kepadatan cukup panjang dan mengakibatkan juga terjadi antrian kendaraan yang dari arah Trakindo menuju ke Km 4,5.

"Ada beberapa titik kemacetan dan kepadatan yang diakibatkan untuk uji coba contraflow ini," jelasnya.

Masih katanya, khususnya juga untuk di pintu masuk Korem 044/Gapo yang digunakan sebagai pintu keluar Korem Gapo dan terjadi adanya kepadatan bakal naik di sana.

"Sehingga memang ada satu ruas jalan yang memang digunakan pintu keluar contraflow sehingga menghambat kendaraan dari arah pasar Km 4,5. Uji coba Contraflow di satu lokasi kurang lebih 1,1 KM yakni dari putaran RS Siti Fatimah sampai pintu masuk Korem 044/Gapo. Tapi imbasnya dari arah Polda itu putar baliknya diarahkan ke putaran Sinar Mas Punti Kayu," ungkap AKBP Yenni.

BACA JUGA:Uji Coba Contraflow Hari Pertama Pagi Ini di Jalan Kolonel H Barlian dan Sudirman Timbulkan Kemacetan

BACA JUGA:PERHATIAN! Senin Depan Dishub Uji Coba Contraflow Urai Kemacetan di Jalan Kolonel H Barlian dan Sudirman

Setelah Satlantas Polrestabes Palembang melakukan pengamatan maupun evaluasi di lapangan memang ada beberapa penyebab titik kemacetan di seputaran Pasar Km 4,5.

"Setiap pagi volume kendaraan yang dari arah jalan Bandara, Trakindo yang menuju ke Polda memang cukup banyak apalagi banyak perumahan, perkantoran, dan sebagainya yang mengarah ke Kota Palembang," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: