PPIH Imbau Jamaah Utamakan Ziarah Raudhah

PPIH Imbau Jamaah Utamakan Ziarah Raudhah

PPIH imbau jamaah utamakan ziarah Raudhah. Foto : Dokumen/Sumeks.Co--

SUMEKS.CO - Pemulangan jamaah haji sudah dimulai sejak beberapa hari yang lalu, dimana puncak pelaksanaan haji telah selesai. Termasuk jamaah haji asal Indonesia juga telah pulang. 

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), yaitu Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengimbau jamaah agar memprioritaskan ziarah Raudhah sebelum melakukan ziarah ke lokasi ziarah lainnya seperti ke Masjid Kuba, Jabal Uhud, dan sebagainya.

"Kita mengimbau agar mengutamakan ziarah ke Raudhah, karena jadwalnya sesuai tasreh yang telah diberikan Kementerian Haji dan Umrah Saudi," kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Kamis 27 Juni 2024.

Lanjutnya, jadi tidak bisa diulang. Kalau sudah terlewat, jamaah tidak punya kesempatan lagi. Petugas telah mengurus tasreh yang akan digunakan jamaah sebagai tiket masuk Raudhah. 

BACA JUGA:Fase Pemulangan KNO 03 Delay 12 Jam, Jemaah Haji Ungkap Kekecewaan Terhadap Garuda Indonesia

BACA JUGA: PPIH Siap Sambut Kedatangan Ratusan Ribu Jemaah Haji Gelombang Kedua di Madinah

Masih kata Widi, untuk kapasitas hotel di Madinah memiliki lobi yang lebih kecil serta jumlah lift yang terbatas. Karenanya, jamaah diimbau agar mengatur waktu turun dan naik lift usai salat di Masjid Nabawi.

“Selain itu, mengingat cuaca di Kota Madinah lebih panas dari Kota Makkah, jamaah agar melengkapi diri dengan alat pelindung diri seperti topi, kaca mata hitam dan semprotan air selagi bepergian atau ziarah,” jelasnya. 

Lalu, ditegaskan Widi, bila ingin beribadah di Masjid Nabawi, jamaah agar mencatat dan mengingat nama dan nomor hotel. Memberi tahu dan mencatat nomor kontak PPIH di hotel.

"Jamaah tetap mengenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah, membawa paspor, visa dan identitas diri lainnya,” ucapnya. 

BACA JUGA:234 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci, Catatan Penting untuk Musim Haji Berikutnya

BACA JUGA:Kondisi Terkini Citra Kirana yang Drop dan Dilarikan ke UGD Usai Haji, Sakit Apa?

Untuk diketahui fase pemulangan jamaah haji, hingga tanggal 26 Juni 2024 pukul 21.00 WAS. Jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 36.835 orang tergabung dalam 93 kelompok terbang.

Jemaah haji Indonesia yang wafat berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pukul 08.05 WIB berjumlah 301 orang. Hari ini, 7.713 jemaah haji gelombang II yang tergabung dalam 20 kelompok terbang diberangkatkan ke Madinah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: