Waspadai Inflasi Melambung Jelang Idul Adha 2024, PJ Gubernur Sumsel Ingatkan Ini

Waspadai Inflasi Melambung Jelang Idul Adha 2024, PJ Gubernur Sumsel Ingatkan Ini

Pj gub sumsel Agus Fatoni ingatkan inflasi jelang Idul Adha 2024.-Foto: dok sumeksco-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengingatkan langkah antisipasi terjadinya inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Hal ini diungkapkan saat memimpin kegiatan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (HLM TPID) se-Sumsel di Hotel Wyndham Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu 12 Juni 2024.

Fatoni mengatakan inflasi Sumatera Selatan pada bulan Mei 2024 merupakan yang terendah kedua se-Sumatera dan berada di bawah tren tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, dirinya mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten/Kota serta stakeholder lainnya yang telah terlibat aktif dalam upaya pengendalian inflasi di Sumsel.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Beberkan Strategi Sumsel dalam Menggenjot Pendapatan Asli Daerah

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Gelar Ramah Tamah dengan Tim SSDN PPRA LXVII Lemhanas RI

"Kita masih perlu mencermati kondisi sampai dengan akhir tahun. Dalam waktu dekat, menghadapi Idul Adha dan libur sekolah pada Juni 2024.

Selain itu juga menghadapi risiko ketidakpastian cuaca sampai dengan akhir tahun 2024 dan juga momen Nataru pada Desember 2024. Makanya hari ini kita gelar HLM TPID,” ucap Fatoni.

Fatoni mengimbau kepada para Kepala Daerah selaku Ketua TPID Kabupaten/Kota untuk melakukan upaya serius dalam antisipasi terjadinya inflasi di daerah masing-masing menghadapi momen-momen hari besar tersebut hingga akhir tahun 2024.

Di antaranya melalui antisipasi terhadap ketidakpastian cuaca. Selain itu, juga perlu optimalisasi  Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), mendorong peningkatan produktivitas pertanian dengan pemanfaatan  SDM dan penerapan teknologi pertanian serta memaksimalkan kerjasama Kelembagaan dan Antar Daerah (KAD).

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Beri Semangat kepada Siswa-Siswi SMAN Sumsel: Sukses Itu Milik Semua Orang

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Gelar Ramah Tamah dengan Tim SSDN PPRA LXVII Lemhanas RI

“Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumsel (GPISSS) kita lakukan juga dengan menggelar operasi pasar dan gerakan pasar murah di setiap Kabupaten/Kota.

Kita bersinergi dengan stakeholder BUMN/BUMD, swasta dan instansi vertikal sebagaimana telah terlaksana sebelumnya bersama dengan BI Perwakilan Sumsel, BPKP, serta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel bersama seluruh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten/kota,” kata Fatoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: