Persiapan Puncak Haji, PPIH: Jemaah Tidak Disarankan Bepergian ke Luar Kota Perhajian

Persiapan Puncak Haji, PPIH: Jemaah Tidak Disarankan Bepergian ke Luar Kota Perhajian

Persiapan Puncak Haji, PPIH: Jemaah Tidak Disarkan Bepergian ke Luar Kota Perhajian--

SUMEKS.CO - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengeluarkan surat edaran ditujukan kepada jemaah yang telah berada di Makkah maupun yang akan tiba untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota perhajian menjelang puncak haji. 

Edaran ini diterbitkan seiring dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang semakin memperketat pemeriksaan di check point pintu masuk Kota Makkah. 

“Karenanya, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah, PPIH  melalui perangkat kloter, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU),  dan petugas lainnya mengimbau jemaah agar tidak keluar Kota Makkah sebelum puncak Haji,” kata Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda.

Widi Dwinanda berpesan kepada seluruh jemaah Indonesia untuk tidak melaksanakan ziarah atau kegiatan keagamaan keluar dari kota perhajian.

BACA JUGA:PLN Kebut Perbaikan Pemadaman Listrik di Seluruh Wilayah Sumatera

BACA JUGA:Antisipasi Permasalahan PDAM Tirta Musi Palembang, Masyarakat Diminta Hemat Gunakan Air


Widi Dwinanda berpesan kepada seluruh jemaah Indonesia untuk tidak melaksanakan ziarah atau kegiatan keagamaan keluar dari kota perhajian--

“Jemaah yang melaksanakan ziarah ke luar kota perhajian dikhawatirkan akan mendapatkan kendala  saat masuk kembali ke Kota Makkah karena pemeriksaan ketat di check point pintu masuk kota,” sambungnya. 

Selain itu, lanjut Widi Dwinda ketika ke luar hotel atau ke Masjidil Haram, jemaah agar senantiasa membawa identitas pengenal berupa smart card, gelang identitas atau paspor, sehingga ketika ada pemeriksaan oleh aparat Saudi, dapat menunjukkan identitas lengkapnya, terutama ketika jemaah terpisah dari rombongan. 

“Mengingat cuaca panas, saat ke luar hotel, jemaah agar selalu mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa topi lebar, payung atau kaca mata hitam untuk menghindari sinar UV matahari,  membawa air minum agar tidak dehidrasi,” ucap dia.

Hingga Selasa, 04 Juni 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Rabu, 05 Juni 2024 pukul 01.00 WIB. 

BACA JUGA:Mantan Dosen Ini Minta LLDIKTI Bersikap Adil dan Berimbang, Usut Dugaan Pemberhentian Sepihak

BACA JUGA:Dampak Listrik Padam Belum Selesai, Air PDAM Hitam Pekat dan Berbau hingga Tak Mengalir Sama Sekali

Jemaah haji yang sudah tiba di tanah suci berjumlah 178.324 orang yang terbagi dalam 454 kelompok terbang (kloter). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: