Begini Alasan Satlantas Polrestabes Belum Bisa Menilang Truk ODOL yang Masih Berkeliaran di Palembang

Begini Alasan Satlantas Polrestabes Belum Bisa Menilang Truk ODOL yang Masih Berkeliaran di Palembang

Belum adanya kantong parkir menjadi alasan utama penyebab belum adanya kendaraan ODOL yang menyalahi aturan melintas dilakukan tindakan penilangan.-Foto: dokumen/sumeks.co -

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Belum adanya kantong parkir menjadi alasan utama penyebab belum adanya kendaraan berlebih muatan atau Over Dimension dan Over Loading (ODOL) yang menyalahi aturan melintas dilakukan tindakan penilangan.

Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Hj Yenni Diarty SIK kepada awak media.

"Kami berharap kepada Pemkot Palembang bisa memfasilitasi kantong parkir, apabila kami akan melakukan tindakan tegas terukur seperti menilang kendaraan ODOL kendaraan tersebut bisa kami simpan di suatu tempat yang safety sehingga barang bukti yang kita amankan tidak merugikan semua pihak," jelas AKBP Yenni Diarty saat dibincangi SUMEKS.CO, Kamis 30 Mei 2024.

Harapan ketersediaan kantong parkir ini, lanjut AKBP Yenni Diarty sudah beberapa kali dilakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait yang dalam hal ini Pemkot Palembang.

BACA JUGA:Marak Kendaraan ODOL Melintas di Kota, Polrestabes Palembang Terus Pukul Mundur Truk Bertonase Besar

BACA JUGA:Keselamatan Warga Palembang Prioritas! Ratu Dewa Tak Gentar Tertibkan Truk ODOL, Kantongi Restu Kemehub RI

Bahkan Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono pun sudah sering membahas hal ini bersama PJ Wali Kota Palembang Ratu Dewa agar supaya ada satu solusi dari pemerintah untuk bersama-sama mengatasi masalah kendaraan ODOL.

"Sejauh ini untuk penilangan surat-surat kendaraan ODOL seperti STNK, SIM sudah cukup banyak. Penilangan tersebut tidak hanya dari Satlantas juga ada dari beberapa Polsek yang melakukan monitoring dan penindakan terhadap kendaraan besar yang menyalahi aturan melintas tersebut," katanya.

"Setidaknya sejak awal Mei 2024 sudah ada 15 penilangan surat-surat kendaraan ODOL namun untuk penilangan kendaraan belum ada satu pun karena itu tadi tidak adanya ketersediaan kantong parkir," tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa truk yang kelebihan muatan merupakan kejahatan lalu lintas. Sebab, kendaraan yang kelebihan muatan tersebut berisiko menyebabkan kecelakaan di jalanan tetapi juga pengendara lainnya seperti roda dua tidak semata-mata seenaknya berkendara di jalan raya.

BACA JUGA:Tegas, Ratu Dewa Siapkan Pos Penjagaan, Larang Truk Odol Masuk Palembang

BACA JUGA:Banyak Kendaraan ODOL, Satlantas Polres Ogan Ilir Gencar Lakukan Patroli dan Keluarkan Surat Tilang

"Overdimensi merupakan kejahatan lalu lintas, overloading merupakan pelanggaran lalu lintas yang sangat berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas, tutupnya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono mengatakan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: