Polisi Masih Selidiki Penyebab Terbakarnya 11 Rumah di Asrama TNI Sekojo Palembang

Polisi Masih Selidiki Penyebab Terbakarnya 11 Rumah di Asrama TNI Sekojo Palembang

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono mengatakan pihaknya berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh terkait terbakarnya 11 rumah di asrama Sekojo Kalidoni.-Foto: dokumen/sumeks.co -

 

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Polrestabes Palembang masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab terbakarnya 11 rumah di asrama TNI AD Sekojo Kalidoni Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono mengatakan dirinya berjanji akan melakukan penyelidikan menyeluruh.

Termasuk terkait ada tidaknya unsur kesengajaan penyebab kebakaran yang terjadi pada, Jumat malam 24 Mei 2024 lalu.

"Saya sudah memerintahkan anggota untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait penyebab kebakaran yang terjadi di Asrama TNI AD Ajendam Sekojo kemarin," ujar Kombes Pol Harryo Sugihhartono kepada SUMEKS.CO, Minggu 26 Mei 2024.

BACA JUGA:11 Rumah di Asrama TNI AD Sekojo Kalidoni Palembang Hangus Terbakar, Penyebabnya?

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Api Lalap Sejumlah Rumah di Kawasan Asrama Sekojo Kalidoni Palembang

Sebelumya, Kapolrestabes Palembang, Sabtu siang 25 Mei 2024 sekitar Pukul 11.00 WIB tiba di lokasi kebakaran guna meninjau dan memantau langsung keadaan setelah terjadinya kebakaran.

"Kebanyakan rumah yang terbakar berada di Blok D. Rumah-rumah yang terbakar meliputi tempat tinggal Serda Effran dari Kodim 0430/Banyuasin, Warakawuri Fatimah, dan ASN Erika Sutarmin dari Denkesyah 02.04.04 Palembang," katanya.

Selanjutnya, rumah Kopka Arfan dari Kodam II/Swj serta beberapa rumah lainnya turut menjadi korban kebakaran yang terjadi.

"Akibat kebakaran ini setidaknya 39 Kepala Keluarga harus kehilangan tempat tinggal," ujarnya.

BACA JUGA:Pabrik Kecap di Talang Keramat Hangus Terbakar, Diduga Api Berasal dari Sini

BACA JUGA:Gudang Sepeda di Lubuklinggau Hangus Terbakar, Ratusan Warga Ramai Saksikan Pemadaman Api

Ia juga mengatakan bahwa Polrestabes Palembang juga sudah berkoordinasi dengan lurah setempat guna memberikan bantuan kepada para korban yang rumahnya di amuk si jago merah.

"Penyelidikan awal kebakaran terjadi disebabkan arus pendek listrik dari rumah warga bernama Kadir. Asrama Kodam II/Swj sebagian besar dihuni oleh warga sipil, dengan hanya dua rumah yang ditempati oleh anggota TNI aktif," terangnya.

Menurutnya peristiwa ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bahaya kebakaran, terutama dilingkungan yang padat penduduk.

"Kepolisian dan aparat terkait berupaya untuk membantu para korban dengan memberikan bantuan semacam sembako guna sedikit meringankan beban yang sedang di alami para korban," tutupnya.

BACA JUGA:Damkar Kota Palembang Butuh 4 Jam Padamkan Api di PS Mall yang Terbakar dan Kini Disegel Polisi

BACA JUGA:Sumur Minyak Ilegal di Keluang Muba Kembali Terbakar, Polisi Amankan Pemilik di Penginapan

Setidaknya ada 11 rumah di Asrama TNI AD Ajendam Sekojo, Kecamatan Kalidoni Palembang terbakar hebat tadi malam, Jumat 24 Mei 2024 sekitar pukul 21.30 WIB.

"Dari data sementara yang kita dapat, kurang lebih ada sekitar 11 rumah yang terbakar di Asrama Sekojo Palembang tadi malam. Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Haris Dinza, Sabtu 25 Mei 2024.

Di sisi lain, tadi malam juga saat kebakaran terjadi ada seorang yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) babak belur dihajar warga.

Kapolsek Kalidoni AKP Ali Sadikin saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

BACA JUGA: Ini Dugaan Penyebab Gedung Sekolah SMA Negeri 3 Unggulan Kayuagung Hangus Terbakar

BACA JUGA:Ruko Milik Tulang di Desa Surya Adi Mesuji OKI Hangus Terbakar

"Benar, tadi malam saat kebakaran terjadi ada seorang pria kita amankan, diduga melakukan percobaan aksi Curanmor yang lokasinya tidak jauh dari TKP,” terang AKP Ali Sadikin, Sabtu 25 Mei 2024.

Diceritakan Kapolsek, dugaan aksi percobaan Curanmor tersebut pertama kali diketahui warga yang sedang berupaya memadamkan api saat kebakaran terjadi.

"Jadi dia itu diduga hendak melakukan Curanmor terhadap salah satu motor milik warga. Warga yang mengetahui perbuatan terduga pelaku itu  langsung mengamankannya dan menyerahkan pelaku kepada anggota kita yang saat kebakaran terjadi berada di TKP," ujarnya.

Pelaku nyaris jadi amukan warga sekitar yang tersulut emosi lantaran diduga memanfaatkan situasi pada saat warga panik dan berupaya memadamkan api.

BACA JUGA:Rumah di Kelurahan 3-4 Ulu Palembang Terbakar, Pemilik Tidak Sempat Keluar, Ditemukan Tewas Terpanggang

BACA JUGA:Kamar Anak di Lantai Dua Rumah Terbakar, Uang Hasil Kumpulan THR Rp2 Juta Diduga Raib

”Semalam langsung kita amankan dan pelaku sudah kita bawa ke Polsek. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan intensif petugas di kantor," katanya.

Sementara, pelaku saat berada di TKP kebakaran sebelum diserahkan ke aparat kepolisian berkilah bahwa dirinya tidak melakukan Curanmor melainkan hanya memindahkan sepeda motor tersebut.

"Saya tidak mencuri, saya hanya memindahkannya dengan maksud agar sepeda motor itu tidak ikut disambar api yang sedang membakar hebat asrama," kata pelaku memberikan pembelaan saat di amuk massa yang rumahnya sedang terbakar hebat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: